Sharing Slide Presentasi

Bagi yang punya ataupun cari-cari slide presentasi paling tidak buat referensi atau sekedar ingin berbagi saja, bisa gunakan slideshare.net. Selain bisa disisipkan di posting blog ataupun halaman web kita, situs ini juga menyediakan tag, komentar, link, juga mendukung Powerpoint dan OpenOffice.org Impress.

Sudah melihat presentasi Hacking Aplikasi dan Sistem Linux yang saya upload ke sana? sekilas tampilannya mirip dengan YouTube.com. Ya, model *link* dan *networking sedang booming saat ini. Semua situs sejenis seperti flickr.com, youtube,com, dan lainnya punya kesamaan “gaya” kecuali pada sisi tujuan yang spesifik.

Slideshare.net walaupun masih berumur satu (1) bulanan tapi anggota dan slide yang sudah ter-upload cukup banyak. Baru dua (2) hari diluncurkan, menurut blog-nya, sudah mendapatkan respon yang besar. Sehingga mereka, yang berbasis di US dan India ini harus mencari pengembang dan sysadmin tambahan untuk mendukung antusias komunitas di Internet yang menggunakan situs tersebut. Bagi yang ingin melamar, silahkan membaca syarat-syaratnya di the slideshare blog.

Hmm, kalau kita lihat dunia nyata seolah-olah akan diadopsi semua sifatnya di dunia maya. Kita sebagai manusia suka berinteraksi, berbagi, dan seterusnya bukan?

Btw, teknologi yang digunakan oleh slideshare.net adalah Ruby on Rails, MySQL, dan Amazon Web Services di atas tujuh (7) mesin cluster. Selain itu juga lighttpd/mongrel, Pound, sistem operasi FreeBSD, dan Debian.

Sayang, “animasi” pada slide tidak dapat ditampilkan :D

Leave a comment