Matinya ThinkPad X200

Dua hari setelah kiriman terakhir di blog ini, saya mendapatkan kejutan berupa matinya ThinkPad X200. Kejadiannya, kopi tumpah ke meja dan X200 mendapatkan sedikit cipratan. Saya pede dan tidak mematikannya langsung. Dalam beberapa menit barulah mesin mati dan tidak bisa dinyalakan. Alhamdulillah ‘ala kulli hal.

Ada dua kemungkinan kenapa X200 mati, pertama karena umur [1] dan kedua karena setetes air kopi yang masuk dari sela-sela samping/depan laptop [2]. Apapun penyebabnya, motherboard X200 mati. Saya membawanya esok paginya ke tempat servis laptop yang biasa menerima ThinkPad [3] setelah mengantar Ibu ke stasiun. Kata Ibu, “Ada-ada saja mau lebaran”. Alhamdulillah.

Saat itu belum libur/cuti bersama dan masih ada dua hari kerja dengan tiga kelas. Saya kemudian langsung terpikir untuk memakai Raspberry Pi 2 (Raspi) yang saat itu di atas lemari dan terhubung ke WiFi AP. Raspi ini digunakan untuk memainkan audio kajian dan alquran yang dapat dikendalikan oleh ponsel serta komputer. Sementara setop dulu ya. Saya pasang lingkungan destop Xfce dan aplikasi Xpdf di Raspbian, yang kemudian saya tenteng ke kelas dengan dilengkapi papan tik/mous nirkabel dan konverter HDMI ke VGA. Tampilan langsung ke proyektor.

[1] Sebelumnya pernah kejadian mesin mati sendiri saat beban tinggi, mungkin kepanasan.
[2] Bisa juga dari atas tapi mestinya tidak karena spill-resistant. *terlalu pede*
[3] Belakangan agak menyesal kenapa tidak ke pusat servis resmi Lenovo. *padahal repot dan jauh*

2 thoughts on “Matinya ThinkPad X200

Tinggalkan Balasan

