Semangat Tahun 2000-an

Saya ingat saat tahun 2000-an. Saya bersemangat sekali untuk menyerap banyak informasi dan bereksperimen. Setiap waktu ada saja yang dibaca dan dilakukan, di depan komputer. Semua berkaitan dengan komputer dan jaringan. Saat itu saya baru mendapatkan komputer pertama saya dari Bapak. Awalnya untuk mendukung mata kuliah pemrograman, kala itu Pascal.

Energi di rentang waktu tersebut besar, sampai saya tak ingat seberapa tenggelamnya saya dalam aktivitas baca dan ngoprek. Tidak hanya sendiri tapi juga dengan teman dan komunitas. Saya selalu rindu dengan semangat dulu yang begitu bergelora. Banyak momen-momen yang membuat saya sering masuk ke dalam mode superfokus. Seperti fly begitu kali ya :D

Saat ini saya sedang merasakannya lagi. Walau tidak seperti dulu tapi paling tidak semangat dan aktivitas ini muncul kembali. Ada untungnya, ada pula imbasnya. Saya khawatir saya mengabaikan orang khususnya keluarga dan rekan sejawat, juga pekerjaan utama untuk dunia dan akhirat. Keseimbangan sepertinya diperlukan. Mungkin dengan mengeset mode superfokus pada waktu-waktu khusus, seperti malam hari, atau dalam bentuk rentang waktu yang pendek, misal 2 jam, namun berulang.

2 thoughts on “Semangat Tahun 2000-an

  1. Sepertinya hal ini sering dirasakan oleh kebanyakan geek, Mas. Biasanya kalau sudah mendapatkan efek “wow” nya dari ngoprek jadi agak lalai pada hal yang lebih prioritas, misal : anak dan istri. Ini juga yang lagi saya cari solusinya. Hehe. #MalahCurhat

Tinggalkan Balasan

