Mengumpulkan Kosakata

Salah satu instruktur Speaking saya saat pelatihan di Bandung mendorong para peserta untuk memiliki catatan kosakata untuk semua kata baru. Istilahnya lexical resource. Hal ini digunakan untuk memperkaya kemampuan berbicara dan menulis. Saya mengikuti petuah beliau dan memiliki koleksi kumpulan kosakata dalam Bahasa Inggris di satu bagian buku catatan/binder saya. Setiap ketemu kata baru, saya tulis. Tidak selalu sih, tapi sering. Beberapa kata memiliki contoh kalimatnya.

Kebiasaan ini terbawa sampai sekarang. Saya masih mengumpulkan kosakata baru ketika membaca buku, artikel, atau sumber lain yang berbahasa Inggris. Yang perlu dicatat, saya sebenarnya perlu memakai kata-kata ini sebelum kata-kata tersebut menjadi koleksi saja. Minimal dengan membaca dan mencatat sudah menjadi langkah awal untuk mengingat kembali di masa depan. #alesan

Praktiknya, saya mencatat ketika bertemu dengan kata baru, kemudian mengingatnya kembali saat bertemu lagi dengan kata tersebut. Terkadang ada beberapa kata yang tertulis dua kali karena saya tidak memeriksa dahulu apakah kata yang dituliskan sudah ada atau belum. Yah, alhamdulillah kebiasaan yang sederhana ini masih bisa dilakukan, walau terkadang merepotkan juga haha. Doakan saya tetap istiqomah.

Tinggalkan Balasan

