Wawancara Sekolah

Sudah lebih dari satu bulan yang lalu saya menjalani wawancara dengan dua calon pembimbing saya. Terus terang ini adalah kali pertama saya mendapatkan sesi wawancara. Saya bersyukur dapat sampai ke tahap ini dari sekian usaha yang pernah dilakukan. Alhamdulillah. Saya mempersiapkan diri untuk mengenal bagaimana wawancara untuk program doktoral, beruntungnya calon pembimbing pertama saya juga memberikan semacam kisi-kisi apa saja yang akan dibahas.

Wawancara disepakati menggunakan Skype sesuai dengan saran calon pembimbing pertama saya. Kalau dari saya pribadi sih “iya” saja :D Permasalahan teknis muncul, saya memakai Debian rilis testing dan Skype punya isu-isu “menarik” untuk sistem GNU/Linux, ada yang bilang hanya bisa one-on-one video call dengan masing-masing pemanggil dan penerima memakai sistem GNU/Linux, serta isu lainnya. Kalau dari pengalaman saya, webcam Logitech C170 tidak terdeteksi oleh aplikasi Skype padahal untuk aplikasi seperti Cheese dan vokoscreen tidak masalah. Saya berniat mencari tahu lebih dalam, tapi karena waktu yang mendesak saya memilih cara lain.

Akhirnya saya memasang Windows 7 [1] di atas QEMU/KVM kemudian memakai Skype for Windows. Saya harus melakukan konfigurasi sedemikian rupa sehingga sistem yang dijalankan cukup kencang dan perangkat I/O seperti webcam yang tercolok di porta USB terdeteksi dan dapat dipakai. Saya melakukan ujicoba dengan beberapa teman di lokasi dan koneksi Internet yang berbeda. Saya sempat melakukan survei dulu lokasi yang potensial untuk wawancara. Alhamdulillah wawancara dapat dilakukan dengan baik meskipun ada kendala teknis untuk mesin virtual dan keinginan merekam wawancara.

[1] Bawaan ThinkPad X200 yang tidak pernah saya pakai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s