Tentang Studi Doktoral

Saya kira studi doktoral adalah sebuah perjalanan panjang, yang dimulai sejak persiapan studi sampai dengan finalisasi ide/pekerjaan dalam bentuk tulisan, dan pada beberapa kasus diperlukan ujian untuk mempertahankan ide/pekerjaan tersebut. Sebagian orang tidak siap dan tidak sadar bahwa ketika mereka berniat untuk melakukan studi doktoral, ternyata mereka sudah memulai studi itu sendiri.

Seperti namanya, studi adalah riset/kajian. Studi doktoral berbeda dengan magister atau sarjana, yang tujuan utamanya adalah melatih mahasiswa untuk menjadi peneliti yang mandiri. Sifat proaktif, melakukan perencanaan dan eksekusi, serta sigap beradaptasi terhadap situasi yang tidak dapat ditebak sangat diperlukan. Lagi-lagi ini sudah dimulai sejak persiapan studi, sadar ataupun tidak.

Setiap orang yang di dalam dirinya telah tersimpan niat yang kuat untuk melakukan studi doktoral semestinya sudah berniat pula untuk melakukan penggemblengan/pengembangan dirinya menjadi lebih baik. Menentukan rencana studi secara detail, siapa yang dapat menjadi pembimbing dalam kurun waktu tersebut, di tempat mana Ia akan melakukan studi, dan seterusnya. Studi doktoral kata orang seperti lari maraton, perlu strategi dan nafas yang panjang.

Iklan

9 thoughts on “Tentang Studi Doktoral

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s