Produk Jadi Penulis

Pada bar samping di blog ini terdapat gambaran singkat mengenai saya, salah satunya tertulis keinginan untuk menjadi penulis. Deskripsi ini pernah menjadi modal seseorang untuk menghubungi saya dan menawarkan kesempatan menulis di sebuah situs berita teknologi yang mulai dirintis untuk pasar Indonesia. Alhamdulillah saya tidak bisa karena khawatir hal ini mengganggu aktivitas di kampus *sok sibuk*. Dari sana kemudian saya berpikir bahwa menulis seharusnya adalah kegiatan profesional, tidak sekadar hobi saja [1].

Terus terang, saya mulai sadar bahwa saya menyukai kegiatan menulis baru beberapa waktu ini, walaupun sebenarnya saya sudah cukup lama melakukannya. Mungkin hal itu dimulai saat saya suka terkadang menulis diari atau kala guru-guru saya di sekolah meminta saya mencatat pelajaran di buku? Mungkin saja, karena kemampuan sering merupakan akumulasi dari latihan dan pengalaman yang terus menerus dalam jangka waktu yang panjang.

Sebuah kegiatan perlu ada bentuk luaran nyatanya. Seperti pemrogram punya luaran produk program, penjahit punya luaran produk baju, dan seterusnya. Penulis tentu saja luaran produknya adalah artikel dan buku. Kemudian muncul pertanyaan, apakah saya yang punya keinginan menulis menjadi penulis punya produk tersebut? Bukan sekadar produk, tapi produk jadi dan siap dinikmati.

[1] Tentu saja, lah kamu ngapain selama ini bro! :D

2 thoughts on “Produk Jadi Penulis

    1. stwn Penulis Tulisan

      iya bo. terkadang atau sering orang butuh produk jadi yang kelihatan, ada bentuknya, bisa dipegang dan diindera secara fisik. realitas manusia sering lebih mantap jika yang diindera itu nyata hadir secara fisik, atau terasa fisik. #oposih

      Balas

Tinggalkan Balasan

