Belajar Secara Bertahap

Saya ingat seorang teman kursus berkata kepada saya, “Aku perhatikan progres belajarmu bagus. Sepertinya kamu belajarnya bertahap ya?”. Saya bersyukur saat kursus di Bandung saya bisa agak fokus belajar. Teman saya tersebut sepertinya benar dalam tebakannya tentang cara belajar saya.

Ada empat kemampuan yang harus dikuasai pada IELTS[1] yaitu kemampuan mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Dua kemampuan yang disebut pertama cenderung bersifat pasif, sisanya bersifat aktif. Kemampuan aktif sering menjadi masalah bagi banyak orang, termasuk saya. Penyebabnya jelas yaitu karena kurang bahkan jarang sekali secara aktif menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Saat kursus, saya sadar menjadi salah satu peserta yang kemampuan aktifnya[2] kurang dibandingkan yang lain, karena itu saya ingin memperbaikinya. Cara yang saya lakukan adalah fokus pada satu kemampuan dulu yaitu berbicara. Saya mencoba untuk sedikit demi sedikit berbicara dengan teman saat di kelas dan ketika pulang kursus, serta berusaha maksimal ketika diberi kesempatan di kelas. Terus terang, berat untuk mendisiplinkan dan memaksa diri, tapi lambat laun akhirnya terbiasa juga.

Di waktu luang pun saya mencoba untuk berbicara sendiri dengan cara bertanya dan menjawab pertanyaan kepada diri sendiri[3], selain itu ada pula tugas merekam suara dan video ketika kita bercerita tentang sebuah topik. Hal ini saya lakukan terus kurang lebih sampai saya agak berani ketika di kelas dan lumayan optimis saat ujian progres kursus.

Ketika dirasa kemampuan berbicara cukup terasah, saya pindah ke kemampuan menulis. Ada dua hal yang diperlukan dalam kemampuan menulis untuk IELTS modul Academic, yang pertama menjelaskan informasi yang tersedia dalam bentuk grafik/tabel/siklus/sejenisnya (Task 1), dan yang kedua menulis esai tentang sebuah topik (Task 2). Dari kedua tugas menulis ini saya mengalami kesulitan yaitu saat saya berhasil menyelesaikan salah satu, yang lain tidak selesai :D

Waktu dalam ujian memang memiliki pengaruh. Peserta perlu mempertimbangkan waktu saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dalam ujian. Saya mulai belajar untuk tugas menulis yang lebih saya sukai yaitu menulis esai (Task 2). Saat latihan di kelas dan ujian progres, saya mengerjakan esai dulu, setelah itu baru menulis penjelasan informasi dari beberapa grafik/tabel. Sampai dengan 1-2 minggu terakhir, saya berhasil mengerjakan Task 2 dengan nilai yang cukup, tetapi Task 1 tidak selesai dan jelas nilainya kurang.

Di saat-saat terakhir kursus, saya berusaha belajar untuk Task 1 ini, dan alhamdulillah saya bisa menyelesaikan dua tugas dalam kemampuan menulis ini pada ujian progres terakhir. Saat itu saya tidak tahu nilainya berapa, yang penting selesai. Tibalah ujian yang dinanti, alhamdulillah saya dapat menyelesaikan kedua tugas tersebut, walaupun masih khawatir jumlah kata pada Task 1 sudah lebih dari jumlah yang diminta atau tidak, selain itu saya juga masih kurang pede apakah saya sudah menjawab “pertanyaan utama” pada Task 2 pada esai yang saya tulis.

Akhirnya, kursus dan ujian IELTS sudah berakhir. Kini saya berada di rumah dan berharap saya dapat melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan di Bandung dalam hal belajar dan beraktivitas melakukan pekerjaan secara bertahap. Semoga kita semua selalu diberikan ilmu dan waktu yang berkah, serta dapat menyelesaikan amanah yang diberikan kepada kita. Aamiin.

[1] Saya mengambil modul Academic.
[2] Alhamdulillah kemampuan pasif agak lumayan :D
[3] Ini adalah salah satu tips yang diberikan oleh guru kami.

6 thoughts on “Belajar Secara Bertahap

  1. Ping balik: Mencari Sekolah | stwn.ngeblog.

  2. Ping balik: Cerita Sebuah Penghapus | stwn.ngeblog.

  3. Ping balik: Mengumpulkan Kosakata | stwn.ngeblog.

  4. Ping balik: BUDI-LN 2017: Belum Sukses | stwn.ngeblog.

Tinggalkan Balasan

