Bermain Raspberry Pi 2

Logo Raspberry PiTiga minggu yang lalu saya mendapatkan mainan baru, Raspberry Pi 2 (Raspi 2). Sebenarnya tidak baru sekali, karena saya pernah bermain dengan Raspberry Pi 1 Model B dan Cubieboard 1 ketika riset VoIP tahun kemarin. Barangnya pun masih ada, hanya saja bukan milik pribadi, jadi agak gimana gitu ketika ingin dipakai secara maksimal. Raspberry Pi 2 ini sebenarnya dibeli oleh teman untuk riset tahun ini, karena kelebihan satu buah akhirnya saya putuskan untuk mengakuisisinya saja.

Saya hanya butuh adaptor daya 5 V/~2,5 A yang bagus dengan colokan Micro USB untuk menyalakan si Raspi 2. Kebetulan saya masih punya di kampus karena sebelumnya saya pinjamkan ke mahasiswa untuk proyek mata kuliah Sistem Operasi. Untuk perangkat lunak saya memakai Raspbian yang berbasis Debian wheezy dan dapat diunduh dari situs Raspberry Pi. Belakangan saya tingkatkan Raspbian dari wheezy ke jessie melalui repo yang telah disediakan.

Media penyimpanan Raspi 2 awalnya menggunakan microSD SanDisk Ultra 8GB milik Coolpix P310, kemudian saya ganti ke Samsung 16GB EVO Kelas 10. Perangkat jaringannya memakai TL-WN725N yang sudah lama nganggur. Raspi 2 juga saya belikan kotak yang murah, pas, dan keren seharga 18700 rupiah, serta tak lupa konverter HDMI ke VGA yang kompak. Saat ini Raspi 2 baru saya gunakan untuk mesin sinkronisasi repo Debian jessie, tempat unduh[1], server web, dan eksperimen lainnya.

[1] Saya pasang penyimpan eksternal via USB dengan diska Toshiba 2.5″ 160GB.

One thought on “Bermain Raspberry Pi 2

Tinggalkan Balasan

