Koneksi Internet Baru

Awal bulan ini saya punya akses ke koneksi Internet yang baru, pakai ADSL, walaupun cuma nyambung ke tetangga via perangkat nirkabel/WiFi. Saat saya pindah ke rumah kontrakan, teman saya yang kebetulan tetangga sebelah cukup senang karena Ia sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan koneksi Internetnya dari 1 Mbps ke 5 Mbps dengan selisih nilai langganan yang tak besar. Masih untung begitu. Kalau saya sih mau saja seandainya dapat jatah akses Internet yang koneksinya paling tidak lebih cepat daripada dengan modem 3G/HSDPA, apalagi tanpa kuota!

Dua bulan berlalu, akhirnya teman sudah memutuskan dan meminta teknisi datang ke rumah untuk memeriksa apakah dengan jaringan kabel saat itu koneksi Internet bisa mencapai 5 Mbps. Ternyata bisa. Teman juga sudah melakukan percobaan, dan koneksi ternyata dapat mencapai 6 Mbps, jika sesuai dengan grafik yang ada di router.

Setelah mencari waktu senggang, kami melakukan konfigurasi koneksi dari rumah saya ke rumah teman. Perangkat AP nirkabel, yang sengaja saya letakkan di kampus, saya bawa pulang dan pasang. AP saya set ke WISP dengan koneksi WAN ke AP teman yang sudah ditambahi nama AP khusus untuk saya. Kecepatan koneksi yang saya terima sampai saat ini berkisar di 800 Kbps, kalau kondisi lenggang bisa sampai ~1000 Kbps. Alhamdulillah, teman setuju ketika saya mengatakan bahwa saya mau bayar koneksi sesuai dengan pos pengeluaran saya untuk Internet per bulan yaitu 100 ribu rupiah.

2 thoughts on “Koneksi Internet Baru

Tinggalkan Balasan

