Mengganti Diska X200

Akhir minggu kemarin saya mengganti diska laptop kesayangan X200. Diska bawaan laptop memakai Hitachi 160GB, dan diganti dengan Seagate Momentus Thin 500GB[1] (SMT). Keduanya sama-sama memiliki rotasi per menit 5400RPM. Kenapa harus diganti? Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena kebutuhan akan kepraktisan. Sebelumnya saya harus membawa laptop dan diska eksternal Seagate Expansion Portable 1TB (SEP). Kini saya cukup menenteng laptop sahaja.

Tadinya saya agak bingung dengan rusaknya diska backup WD Blue 500GB yang biasa saya gunakan di rumah. Sebagian data belum/tidak dapat diselamatkan karena tak tersinkronisasi. Yah, faktor keterbatasan ruang penyimpan, sehingga data yang di-backup hanya sebagian. Ternyata ada data yang penting. Data-data yang tertunda untuk diunggah bagi kemaslahatan umat. #oposih

Singkat cerita, saya membeli SEP untuk menggantikan si WD Blue. Tak terasa saya hampir selalu membawa SEP kemana-mana. Namanya backup ya mesti ditinggal, kok malah dibawa-bawa? Sebagian data belum masuk ke diska laptop, karena tak muat. Solusi dari masalah ini adalah SMT yang tadinya didesain jadi penyimpan eksternal harus rela dijadikan diska internal X200, sedang diska 160GB bawaan laptop disimpan sebagai arsip/kenangan[2].

[1] Dilepas dari boks eksternal SmartDrive HDK-SU3.
[2] Mungkin suatu saat engkau akan berguna, nak.

One thought on “Mengganti Diska X200

  1. Ping balik: Tentang Diska X200 | stwn.ngeblog.

Tinggalkan Balasan

