Kamera Pemantau dengan RasPi?

Saya diminta untuk merancang membuatkan sistem kamera pemantau/CCTV untuk saudara yang memiliki beberapa usaha di beberapa kota di Indonesia. Keinginannya adalah agar beliau dapat memantau tempat-tempat usaha tersebut sambil bergerak kesana kemari. Ide yang kebayang yaitu menggunakan webcam yang disambungkan ke komputer, atau membeli IPcam yang sudah siap pakai.

Kebutuhannya sementara ini adalah kamera dapat diakses dari jarak jauh melalui Internet, dan kalau bisa nirkabel[1] untuk memudahkan pemasangan. Terdapat tiga permasalahan yang muncul yakni perangkat komputer, biaya, dan akses ke kamera. Tidaklah bijak jika hanya untuk mengakses kamera, kami menggunakan komputer/PC standar. Biaya untuk IPcam yang cukup oke, seperti di fakultas saya, relatif mahal untuk kebutuhan saat ini. Akses kamera dari Internet terkendala pada modem ADSL yang sekaligus router, apakah dapat meneruskan permintaan ke alamat IP kamera di jaringan lokal, selain itu ada kesulitan mengakses router karena alamat IP publik yang diberikan oleh ISP bersifat dinamik.

Setelah dipikir dan mendapatkan inspirasi dari artikel “Turn a Raspberry Pi into a CCTV Security System“, solusi yang mungkin dan menarik yaitu menggunakan komputer kecil/SBC seperti Raspberry Pi, ditambah modul kamera dan kartu jaringan nirkabel USB, dengan perangkat lunak motionPie. Untuk akses dari Internet kemungkinan akan menggunakan DDNS. Yang susah adalah mencari kotak dan dudukan seperti Nwazet Pi untuk kamera pemantau ini.

[1] Saya sebenarnya lebih memilih kabel daripada nirkabel, karena faktor keamanan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s