Ketika Pensiun

Pak Tanenbaum akhirnya pensiun setelah 43 tahun mengabdi di Jurusan Ilmu Komputer, Vrije Universiteit. Bapak ini terkenal. Di kalangan akademisi dan mahasiswa, Pak Tanenbaum dikenal sebagai penulis buku teks Sistem Operasi, Jaringan Komputer, dan Sistem Terdistribusi.

Kalau kita lihat, rekam jejak dan pencapaiannya selama 43 tahun tersebut cukup banyak. Ya iyalah, 43 tahun. Mengajar ribuan mahasiswa, membimbing tugas akhir, tesis, dan disertasi, melakukan publikasi karya ilmiah, menulis buku teks yang digunakan di banyak kampus di seluruh dunia, merancang dan mengimplementasi MINIX yang menginspirasi Linus Torvalds untuk mengembangkan (kernel) Linux, mendapatkan banyak penghargaan, dan lain-lain.

Saya jadi berpikir, kalau saya pensiun apa saja ya capaian saya, apa saja yang dapat saya wariskan. Taruhlah saya pensiun 30 tahun lagi, apa yang dapat saya kontribusikan dalam rentang waktu tersebut? Bagaimana kalau “pensiun dini”?

One thought on “Ketika Pensiun

Tinggalkan Balasan

