Ketidakpastian dalam Perjalanan

Train Station at DuskSaya mencoba tidak memesan tiket saat pergi dengan kereta beberapa hari yang lalu. Tidak sengaja sebenarnya, tapi akhirnya jadi sebuah eksperimen. Saya harus siapkan perlengkapan perjalanan seperti tas, payung, sepatu, air minum, dan lain-lain, lebih dulu. Berangkat pun setengah jam lebih awal dari biasanya, karena harus antri beli tiket melalui “ticket box” yang hanya tersedia satu saja di stasiun.

Sampai stasiun, sudah mengantri 4 orang, dan saya orang yang kelima. Saya langsung berdiri di belakang mereka, walaupun “ticket box” belum dibuka. Kira-kira 15 menit kemudian barulah antrian berjalan. Menyenangkan juga antri tiket yang keberangkatan keretanya dalam jangka waktu 45 menit ke depan. Ada rasa khawatir kalau tiket habis, proses pembelian yang mungkin lama, melihat antrian ke belakang dan bertanya-tanya apakah orang di belakang akan mendapatkan tiket?

Alhamdulillah, kereta yang saya naiki tak terlalu padat pada kondisi normal, jadi kemungkinannya relatif besar dapat tiket kalau langsung kalau beli ~1 jam dari waktu keberangkatan. Dan hal yang saya dapatkan dalam perjalanan khususnya pada pemesanan model seperti ini adalah soal ketidakpastian. Walaupun kita bisa menanyakan ke kanan kiri, kemudian ke depan, kondisi tidak pasti akan selalu ada, dalam diri setiap orang yang belum mendapat tiket :D

Bukan hanya itu saja, ketika menunggu kereta datang, jika kereta mulai jalannya bukan dari stasiun tempat kita naik, kita juga mengalami ketidakpastian akan kedatangan kereta. Kalau tepat, alhamdulillah. Kalau terlambat, seberapa lama? Kalau menunggu, ya lontang-lantung. Saat menunggu biasanya saya mainkan kamera, atau ponsel, atau pemutar suara. Terkadang saya berjalan-jalan dan melihat sekitar stasiun. Kalau lapar, ya langsung makan. Ya iya lah.

Pernah kereta terlambat ~4 jam, dan para penumpang kereta diminta untuk menukarkan tiketnya dengan kereta yang berangkat 1 jam berikutnya. Untung ada kereta lain, kalau tidak ada bagaimana? Ya nunggu, dengan pasrah dan ikhlas, sambil menikmati waktu yang berjalan cepat dan meninggalkan sebagian dari diri saya. Sedikit demi sedikit.

One thought on “Ketidakpastian dalam Perjalanan

Tinggalkan Balasan

