Banyak Menunda

Building in ProgressSetelah saya pikir, masalah-masalah yang muncul pada sebagian orang adalah karena mereka banyak menunda. Tentu saja saya termasuk, nomor satu mungkin :D Pekerjaan yang semestinya dilakukan pada suatu saat disimpan untuk dilakukan di saat yang akan datang. Satu pekerjaan, dua pekerjaan, dan akhirnya menumpuk lebih dari sepuluh pekerjaan, bahkan lebih! #lebai

Mari merenung beberapa satu pekerjaan yang mungkin ditunda. Mencuci pakaian. Satu pakaian, biasa. Dua pakaian, masih bisa. Tiga pakaian, dan seterusnya. Akhirnya jadi 2 ember penuh, bahkan sampai ada topping-nya. Kalau sudah begitu, jadi tambah malas nyucinya kan? Langsung deh minta bantuan tetangga untuk mencucikan, atau masukkan ke laundri. Padahal sebenarnya pekerjaan mencuci tersebut bisa kita cicil, bahkan satu pakaian bisa kita cuci setelah sesi mandi setiap hari.

Contoh lainnya banyak, dan tidak akan saya sebutkan satu per satu, karena bisa jadi ada yang sensitif dengan isu-isu tertentu. Solusi untuk permasalahan banyak menunda sudah jelas, yakni melakukan pekerjaan tersebut secara langsung jika memungkinkan. Jadi ingat GTD, ada kotak Do, Delegate, Defer.

Untuk yang terakhir disebut pada paragraf sebelumnya ternyata dapat memicu juga masalah penundaan yang lain, walaupun ini adalah bisa jadi masuk ke bentuk penjadwalan yang lazim dan memang perlu dilakukan. Jadi perlu ada fitur dari diri kita yang harus kita latih, yaitu disiplin. Mudah diucapkan, susah dilakukan kalau tak terbiasa. Ya iya lah, karena kita perlu berlatih. Hiyat!

Kalau masalah-masalah yang muncul sudah banyak bagaimana dong? Ya dikerjakan, masa ditonton saja. Hihi, kadang malas sih, Mas. Malas kok dipelihara! Soalnya malas itu lucu, Mas, bisa beranak pinak! #oposih Baik, saya sendiri punya banyak masalah akibat menunda dalam jangka panjang. Cara memecahkannya adalah dengan melakukan satu per satu pekerjaan yang telah menumpuk, dan disiplin.

Saya akan mencoba, jangan sampai saya termasuk orang-orang yang lalai. Doakan saya ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s