Bekerja dalam Perjalanan

Saat ini saya sedang berada di dalam sebuah kamar penginapan. Saya masuk tadi malam sekitar pukul 21.30, setelah berjalan kaki ~500 meter dari tempat saya hinggap terakhir. Saya sendiri relatif tidak terbiasa bekerja di perjalanan, ya tidak nyaman saja. Kemudian baru beberapa minggu ini mencoba melakukan aktivitas seperti membaca di kereta agar lebih bisa beradaptasi.

Sedikit demi sedikit saya mencoba disiplin untuk melakukan aktivitas kecil saat waktu lowong dalam perjalanan. Butuh usaha ekstra sih. Kalau tak dibiasakan bakal tak jadi. Aktivitas yang biasanya saya lakukan di kereta: membaca buku, memeriksa dan mengelola daftar TODO di buku catatan, selain aktivitas ngobrol kalau ada yang mau diajak ngobrol, dan melihat kanan kiri.

Kemarin saya bekerja menjelang jumatan, duduk di dalam sebuah gedung di kampus, sambil melakukan satu pekerjaan saja. Setelah jumatan, saya pergi ke tempat nongkrong, masih di lingkungan kampus, dan melakukan aktivitas baca berita serta yang paling penting: menyunting makalah yang akan dikirim hari itu.

Lumayan lama saya menyunting makalah, karena ada penyesuaian format, cek informasi dari laporan, sampai ejaan dan tata letak gambar/tabel. Sempat pindah tempat 3 kali, karena “diusir”. Untung saya punya teman di 2 ruangan yang berbeda. Jadi ketika tempat nongkrong tutup, saya pindah ke ruangan 1, teman di ruangan 1 pulang ya saya pindah ke ruangan 2. Asyiknya punya teman.

Saya baru selesai menyunting setelah maghrib, kemudian saya segera pergi ke rental komputer untuk melakukan pencetakan dan pemindaian formulir pendaftaran. Untung teman saya berinisiatif melakukan transfer biaya seminar dan mengirimkan buktinya kepada saya. Jadi saya tak perlu melakukannya.

Selesai menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan, saya perlu mengirimnya. Daripada nyari tempat lagi, saya langsung saja membuka laptop di sana. Jarang-jarang saya melakukan ini, karena sering saya butuh ketenangan saat beraktivitas. Akhirnya, selesai juga, itupun bersamaan dengan ditutupnya rental yang kebetulan juga tempat fotokopi. Pulangnya lewat pintu samping karena pintu depan sudah ditutup :D

Keluar dari rental, saya cari makan saja. Atas saran sangprabo yang masih terngiang-ngiang di kepala, saya memilih untuk makan ayam. Tak lupa dengan tahu goreng. Selesai, saya pergi ke tempat penginapan ini. Sempat tak jadi karena harga 2 kali dari bayangan, tapi akhirnya saya memutuskan untuk mengambilnya.

Kita memang perlu membiasakan bekerja dan beraktivitas dalam kondisi apapun.

2 thoughts on “Bekerja dalam Perjalanan

Tinggalkan Balasan

