Cerita JOSC 2013 (1)

Tanggal 5 Oktober 2013 yang lalu, saya datang ke acara JOSC 2013, sebuah konferensi yang baru dirintis tahun ini oleh KPLI Jogja. Tujuannya untuk mengumpulkan para pemerhati, pengguna, penggerak, dan pengembang Free Software/Open Source, khususnya yang dekat dengan Jogja atau komunitas yang ada di sana.

Acara hari pertama, tanggal 4 Oktober 2013, adalah lokalatih/lokakarya teknologi. Saya tidak datang, karena ada tanggungan kelas, aktivitas riset dan ngoprek bersama. Saya pulang setelah maghrib dan rencananya langsung berangkat ke Jogja, tapi tak jadi karena badan capek. Lebih baik istirahat dulu barang satu malam.

Dalam perjalanan pulang, saya mampir dulu ke stasiun dan ternyata antrian pemesanan tiket cukup penuh. Akhirnya saya pesan tiket di Alfamart saja, walaupun harga lebih mahal 6000 rupiah karena ada biaya administrasi. Kebetulan kereta yang saya gunakan adalah Logawa dengan jadwal keberangkatan pukul 6 pagi.

Setelah beristirahat cukup, saya bangun dengan badan yang lumayan segar, alhamdulillah. Saya bersiap-siap sebelum subuh dan menargetkan sampai stasiun maksimal pukul 05.30, karena saya perlu menukarkan bukti pemesanan dengan tiket resmi. Semua berjalan lancar sampai saya naik kereta, hanya saja saat antri ada orang yang mau titip beli tiket. Saya enggan untuk menerima, dan memang setelah saya pikir tak adil juga kalau saya terima titipan, karena ada banyak orang yang antri di belakang saya.

Terus terang, ini adalah kali pertama saya naik Logawa, dan saya cukup terkesan. Kereta relatif bersih, sarung untuk tempat duduk juga terlihat baru, dan ada pendingin udara. Untung saya membawa sweter, jadi saat kedinginan saya segera memakainya. Tempat duduk kereta sudah saya duga, berhadapan dengan formasi 3-3 dan 2-2, serta tempat sandaran hampir 90 derajat.

Saya berhadapan dengan seorang Bapak yang sudah sepuh, beliau menanyakan mau ke mana? asli mana? dst., kemudian saya timpali dengan pertanyaan balik. Saya tidak banyak bercerita, sedang ingin diam saja dan khidmat dalam perjalanan. Maklum, pengalaman pertama naik kereta ke Jogja dari Purwokerto :D

Waktu tempuh sampai Jogja kurang dari 3 jam. Kalau dibandingkan naik bus, selisih ~2 jam. Saat keluar juga saya masih segar, terbukti masih bersemangat jalan, tanpa ada pegal-pegal. Apa mungkin saya senang ya mau ketemu dengan teman-teman lama?

Dari Stasiun Lempuyangan saya tadinya mau naik becak menuju UKDW, tempat acara JOSC 2013, tapi tak jadi karena keasyikan jalan kaki sambil memperhatikan sekitar. Tiba-tiba saja saya sudah di depan lokasi. Ada papan pengumuman besar yang menampilkan informasi rincian acara JOSC 2013.

Tinggalkan Balasan

