Materi Ethical Hacking

Berikut materi-materi presentasi mata kuliah Ethical Hacking yang pernah saya ajarkan tahun 2012 di Teknik Informatika Unsoed[1]. Agak lucu juga awalnya, bukankah “ethical hacking” itu umumnya ada di kursus untuk persiapan sertifikasi? Dengan pengetahuan yang terbatas dan beberapa referensi, akhirnya saya berusaha menyusun materi yang menggunakan pendekatan “akademis” dan juga praktis.

Sedikit cerita dan demo saya lakukan sesuai dengan materi yang dibahas, termasuk pengalaman-pengalaman pribadi. Seperti biasa, perkakas yang saya gunakan dan rekomendasikan adalah Free Software (Free as in Freedom), semaksimal mungkin.

Materi ini belum dimutakhirkan kembali karena saya sudah tidak diminta mengajar mata kuliah ini lagi #rakpayu. Tujuan saya memunculkan sebagai terbitan di blog ini adalah supaya bisa diakses oleh pembaca yang lebih luas, tak hanya oleh orang-orang yang mendapatkannya dari mesin pencari. *sok2an*

Semoga bermanfaat, walau mungkin masih ada kekeliruan di sana sini. Masukan dan koreksi diterima dengan senang hati. Lisensi presentasi adalah CC BY-SA.

  1. Pengenalan Ethical Hacking
  2. Pengintaian dan Penjejakan
  3. Pemindaian dan Pemanenan
  4. Peretasan Sistem
  5. Pengendusan Data
  6. Denial of Service
  7. Peretasan Peladen Web
  8. Keamanan Fisik
  9. Peretasan Nirkabel
  10. Peretasan GNU/Linux
  11. IDS, Dingap, dan Honeypot

[1] “Rumah” saya bukan di sini :D

2 thoughts on “Materi Ethical Hacking

    • materi tersebut adalah materi kuliah. untuk aplikasi yang disebut di materi ada yang tersedia untuk Linux dan ada juga yang tersedia untuk beberapa sistem operasi

Tinggalkan Balasan

