Tajuk LUKS Rusak

Tadi pagi setelah bangun tidur, duduk sebentar di pinggir kasur sambil mengumpulkan nyawa, saya menuju meja dan menyalakan komputer destop. Debian di dalamnya secara rutin menanyakan frase sandi setiap di-boot. Saya masukkan sekali, tidak bisa. Dua kali, tiga kali, tidak bisa pula. Curiga.

Kok bisa keluar pesan “Tidak ada kunci tersedia dengan kata sandi ini” alias “No key available for this passphrase“. Saya coba berkali-kali tidak bisa dan saya yakin memasukkan frase sandi yang benar. Berkat Dengan mesin pencari, saya menemukan sebuah ulir di milis yang membuka mata saya. Mungkin tajuk/header pada partisi LUKS yang menyimpan slot kunci/keyslot 0 saya rusak.

Mencoba beberapa cara yang disarankan belum menunjukkan hasil berarti. Saya hanya membayangkan apa saja yang tersimpan dalam partisi tersebut. Alhamdulillah sebagian masih tersinkronisasi ke laptop, khususnya kerjaan kampus dan proyek terkini. Tapi, arsip-arsip lain masih tersimpan rapi di partisi terenkripsi itu.

Saya belum menyerah. Sementara partisi tersebut tidak saya format ulang, saya masih berharap saya mempunyai frase sandi yang mungkin berbeda dan saya tidak sadar :D Paling tidak saya butuh waktu untuk mengikhlaskan arsip-arsip penting, dan tidak penting, hilang ditelan enkripsi. Jika memang demikian.

Sambil menikmati kesenduan, saya mencoba melakukan penyelamatan pemulihan/recovery data pada satu partisi tempat arsip-arsip tersebut sebelumnya tersimpan. Karena belum (terlalu) lama, saya berharap sebagian besar arsip masih bisa dimunculkan kembali.

Saya menggunakan Photorec untuk melakukan hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

