Mengenkripsi Partisi

Beberapa waktu yang lalu saya memutuskan untuk melakukan enkripsi terhadap partisi yang ada di laptop (disk encryption) kecuali partisi sistem. Bukan karena paranoid, tapi lebih sekadar coba-coba sekaligus untuk menenangkan pikiran :D

Kasus terburuk yang saya bayangkan adalah laptop saya hilang, baik di perjalanan, di kampus, di manapun, bahkan di kamar sendiri. Karena komputer jinjing tersebut dibawa kemana-mana, mudah pula dibawa oleh siapa-siapa. Apalagi ukuran yang relatif kecil dan berat yang relatif ringan. Sekitar 1,3 kilogram.

Saat itu terjadi, insya Allah saya tenang, karena data saya yang ada di laptop tidak bisa diapa-apakan kecuali partisi terenkripsi diakses dengan frase sandi yang tepat. Mungkin ada rasa kecewa sedikit karena perlu menyiapkan tabungan untuk beli laptop lagi, tapi itu tak membuat ketenangan saya terusik, karena data saya aman.

Tinggalkan Balasan

