Diri Kita Sendiri

Hari Sabtu dan Minggu adalah hari mengerjakan pekerjaan rumah. Mencuci, menyapu, merapikan tempat tinggal, dst. Terus terang, walaupun tidak hidup di ibukota, ternyata saya masih belum sempat melakukan aktivitas tersebut secara penuh.

Bisa jadi, bukan soal hal-hal di luar diri saya yang menjadi penyebabnya, tapi lebih ke dalam diri saya sendiri. Apakah saya sudah memanajemen waktu dengan baik? Apakah saya suka mengurusi urusan orang lain[1]? Apakah saya sering melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat untuk diri dan orang lain?

Kita memang perlu sering melihat dan mengoreksi diri, serta berhenti untuk menyalahkan orang lain, kondisi, lingkungan, dan banyak hal di luar diri kita. Kita adalah diri kita sendiri. Mari merenung, tanpa apapun dan dalam kondisi apapun, apakah kita masih tetap berarti?

[1] Contoh membicarakan gosip, menonton infotainment, dst.

4 thoughts on “Diri Kita Sendiri

  1. sangprabo

    “Walaupun tidak hidup di ibukota..”

    Kesannya kalau hidup di ibukota jadi tidak sempat melakukan apa-apa ya, Mas?

    Balas

Tinggalkan Balasan

