GSoC 2013 di Debian

Saya baru saja mengirim surel ke milis debian-user-indonesian tentang Google Summer of Code (GSoC) 2013 di proyek Debian. Inisiatif menulis surel, awalnya dari kicauan saya di linimasa, kemudian dilanjutkan dengan komentar dan dorongan Zaki untuk mengirimkan surel atau menerbitkan tulisan.

Terbitan blog ini pun adalah adaptasi dari surel yang saya kirimkan. Terus terang, saya tertarik untuk ikut GSoC 2013, hanya saja status saya sekarang bukan mahasiswa, atau belum menjadi mahasiswa lagi #uhuk. Banyak judul proyek menarik yang bisa dilakukan di Debian dalam skema GSoC 2013. Tentu disesuaikan dengan minat kita masing-masing.

Saya pribadi tertarik pada judul “Enabling free multimedia real-time communications (RTC) with Debian” dengan mentor Daniel Pocock. Sepertinya tidak susah, minimal bisa dicapai:

Deliverables of the project: contribution to a strategic roadmap for RTC in Debian. Improvement or addition of at least one package in such a way as to help fulfill the strategy.

Kesimpulan dari yang saya baca, kebutuhan untuk topik RTC tersebut “hanya” 3 saja yakni: pemaketan, pengujian, dan integrasi. Dengan kontribusi minimal 1 paket Debian dari hasil pengujian dan konfigurasi integrasi.

Ini pun masih dalam kerangka pikiran saya saja, dan berkaitan dengan kemampuan saya yang terbatas. Bisa saja nanti ada kontribusi pemrograman ke modul WebRTC di Drupal, tentu jika mahasiswa yang melamar memiliki kemampuan itu dan bisa didorong untuk melakukannya.

Karena itu perlu ada “proposal” dulu supaya ada “batasan masalah”, dan dikonsultasikan ke mentor, dengan templat aplikasi yang sudah disediakan di wiki.

Daniel, sebagai mentor untuk topik tersebut juga sudah menuliskan tips untuk calon mahasiswa GSoC di situs pribadinya. Sebagai awal proses melamar, Ia meminta calon mahasiswa GSoC untuk:

  1. memasang Debian 7.0 (wheezy),
  2. menggunakan Debian 7.0 (wheezy),
  3. mencoba melakukan pemaketan, dengan contoh reSIProcate.

Saya sendiri bersedia untuk ikut membantu jika ada yang berminat melamar dengan topik ini pada GSoC 2013 di proyek Debian. Dan kalau dilihat di wiki, belum ada yang melamar untuk topik ini.

O iya, berkaitan dengan komunitas Debian Indonesia, saya mendapat ide untuk sekalian ramai-ramai membantu mahasiswa dari Indonesia yang melamar GSoC pada proyek Debian. Debian Indonesia punya banyak para ahli, ada Debian Maintainer, praktisi-praktisi, dll.

Jadi, nanti yang melamar GSoC cuma 1 atau 2 mahasiswa, tapi dibelakangnya banyak orang sebagai mentor bayangan :D Dan ini bisa jadi agenda tahunan bagi Debian Indonesia sendiri.

Terakhir, mengutip dari kata-kata Daniel untuk calon mahasiswa GSoC yang berminat:

The key concept here is to be a self-starter: it is not what you know, but your enthusiasm to go and try the things you don’t know.

Pranala yang perlu dibaca.

11 thoughts on “GSoC 2013 di Debian

  1. Ping balik: Setelah Ada Infrastruktur, Lalu Apa? | Zaki Akhmad

Tinggalkan Balasan

