Kecepatan Respon

Dua minggu ini saya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan orang lain. Mengirim, memasukkan berkas, bertanya, dst yang membutuhkan respon dari orang atau pihak lain. Dan ternyata kalau dipikir setiap hari kita juga melakukan aktivitas-aktivitas ini, sebagai bentuk dari komunikasi. Ada permintaan, ada respon.

Ketika kita membaca sebuah artikel dari Internet pun kita melakukan hal ini. Meminta halaman web beserta berkas-berkas seperti gambar, video, dan lain-lain, kemudian kita mendapatkan respon. Kita puas jika responnya cepat dan kita memperoleh yang kita inginkan. Kita tidak puas jika responnya sangat lambat dan tidak sesuai dengan yang kita maksudkan, misal tampilan, berkasnya rusak atau tidak bisa dibaca/dilihat/dijalankan.

Dari sini saya lebih baik mengintrospeksi diri. Apakah saya telah merespon permintaan orang dengan baik? Bentuknya bisa macam-macam seperti merespon pesan singkat alias SMS, permintaan review, bertamu, menjamu, dll. Kita memang perlu meningkatkan rasa dan kualitas dalam melayani. Dalam bentuk apapun, secara “kaffah“. Tidak hanya dalam kondisi tertentu saja, misal dengan pak bos di tempat kerja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s