TL-WN725N di Debian

TL-WN725NSetelah menggunakan TL-WN722N yang dari awal sudah dirasa “kebesaran”, walaupun tangkapan penerimaan sinyal nirkabelnya kuat, saya mencari lagi perangkat nirkabel USB dambaan yaitu yang berukuran mini, TL-WN725N. Ukuran adapternya kecil, kalau dipasang yang muncul ke “permukaan” paling cuma 0,7 cm.

Desainnya “pasang dan lupakan”, bagus. Kita tidak perlu melakukan langkah pasang-copot-pasang ketika ingin menggunakannya, karena adapter sudah nemplok dan cenderung tidak dilepas. Dukungan nirkabel standar N dan fitur-fitur keamanan yang tersedia sekarang sudah masuk ke dalam perangkat yang berukuran kecil ini.

Seperti yang sudah saya ungkapkan dalam tulisan terdahulu, perangkat nirkabel bawaan X200 saya, yakni Intel PRO/Wireless 5100 AGN, bermasalah. Angin-anginan begitu. Kadang bisa, kadang mati. Kadang indikator nirkabelnya nyala, kadang mati, kadang riyep-riyep. Jadi saya putuskan untuk menggunakan perangkat nirkabel USB, sampai saya berani membongkar X200.

Sistem operasi yang saya gunakan pada X200 adalah Linux, distribusinya Debian GNU/Linux 6.0 (squeeze) yang termutakhirkan dengan baik. Tidak ada perangkat lunak proprietary atau non-free, kecuali firmware yang digunakan oleh penggerak perangkat nirkabel Intel saya: iwlwifi, dan 3 buah pengaya pada peramban Firefox. Untuk cerita pengaya akan saya tuliskan lain waktu, walau draf sebenarnya sudah siap :D

Bagi pembaca yang tidak tertarik hal teknis sila hentikan proses membaca sampai di sini.

Permasalahan dan Solusi
Kebetulan ketika saya colok adapter TL-WN725N ke X200, antarmuka nirkabel baru tidak muncul. Diam, indikatornya pun tidak menyala. Saya coba periksa dengan perintah favorit tail -f /var/log/messages sambil memasukkan kembali TL-WN725N ke porta USB dan melihat hasilnya.

Sebagai catatan, saya menghapus sebagian keluaran perintah untuk membuat tampilan tulisan ini tetap cantik, tapi tidak menghilangkan esensinya.

# tail -f /var/log/messages
usb 2-1: new high-speed USB device number 3 using ehci_hcd
usb 2-1: New USB device found, idVendor=0bda, idProduct=8176
usb 2-1: New USB device strings: Mfr=1, Product=2, SerialNumber=3
usb 2-1: Product: 802.11n WLAN Adapter
usb 2-1: Manufacturer: Realtek

Kemudian saya jalankan perintah lsusb untuk memastikan chipset-nya.

$ lsusb
... Realtek Semiconductor Corp. RTL8188CUS 802.11n WLAN

RTL8188CUS! Ciyus? :)) Kemudian saya bertanya-tanya kenapa perangkat nirkabel dikenali tapi tidak aktif. Saya coba melihat daftar modul kernel yang dimuat dengan perintah lsmod dan mengambil pola “81”.

$ lsmod|grep 81
rtl8192cu           73690  0 
rtl8192c_common     47687  1 rtl8192cu
rtlwifi             75150  1 rtl8192cu
mac80211           174497  4 rtl8192cu,rtl8192c_common,rtlwifi,iwlwifi
mbcache             12810  1 ext4
usbcore            103640  6 btusb,rtl8192cu,rtlwifi,uhci_hcd,ehci_hcd

Ternyata sudah ada penggeraknya yaitu rtl8192cu, tapi kenapa perangkat tidak aktif? Kenapa? Kenapa? Cara tercepat adalah mencari tahu apakah ada orang yang mengalami permasalahan yang sama melalui Internet. Saya mendapat beberapa pranala yang berhasil dan menunjukkan kalau ada penggerak yang dapat diunduh dari situs Realtek.

Segera saya mengunjungi situs Realtek dan langsung menuju bagian Downloads. Pilih Communications Network ICs – Wireless LAN ICs – WLAN NIC – IEEE 802.11b/g/n Single-Chip – Software. Cek RTL8188CUS, dan Go. Pilih Unix (Linux). Saya baca keterangannya “Linux Kernel 2.6.18~2.6.38 and Kernel 3.0.2, Android 1.6~2.3 and 4.0” ;-) Kebetulan versi kernel saya adalah 3.2.x, gunakan perintah uname -v untuk melihat versinya.

$ uname -v
#1 SMP Debian 3.2.32-1~bpo60+1

Langkah selanjutnya adalah mengunduh penggerak melalui situs cermin terdekat. Saya biasa menyalin alamat/URL arsip dan melakukan pengunduhan dengan wget -c URL.

Setelah diperoleh arsip penggeraknya, ekstrak dengan perintah unzip RTL819xSU_usb_linux_v2.6.6.0.20120405.zip, atau dapat melalui menu klik kanan “Ekstrak di Sini” pada peramban berkas seperti Nautilus.

Saya baru tahu ternyata ada cara cepat dan otomatis untuk melakukan pemasangan penggerak ini yaitu dengan menjalankan skrip install.sh: sh ./install.sh.

Sebelumnya saya perlu memasang paket-paket yang digunakan untuk membangun modul kernel dari kode sumber di sistem GNU/Linux: build-essential, make, dan linux-headers sesuai versi kernel.

Perintah-perintah selanjutnya setelah bagian ini adalah cara saya saat memasang penggerak secara manual.

Langkah-Langkah Manual

$ cd RTL8188C_8192C_USB_linux_v3.4.4_4749.20121105/

$ cd driver/

$ tar zxvf rtl8188C_8192C_usb_linux_v3.4.4_4749.20121105.tar.gz

$ cd rtl8188C_8192C_usb_linux_v3.4.4_4749.20121105/

$ make
make ARCH=i386 CROSS_COMPILE= -C /lib/modules/3.2.0-0.bpo.4-686-pae/..
make[1]: Entering directory `/usr/src/linux-headers-3.2.0-0.bpo.4-686-pae'
...
 Building modules, stage 2.
 MODPOST 1 modules
 CC     /home/stwn/RTL8188C_8192C_USB_linux_v3.4.4_4749.20121105/driver..
 LD [M] /home/stwn/RTL8188C_8192C_USB_linux_v3.4.4_4749.20121105/driver..
make[1]: Leaving directory `/usr/src/linux-headers-3.2.0-0.bpo.4-686-pae'

$ sudo make install
install -p -m 644 8192cu.ko  /lib/modules/3.2.0-0.bpo.4-686-pae/..
/sbin/depmod -a 3.2.0-0.bpo.4-686-pae

Saya memasukkan penggerak rtl8192cu ke “daftar hitam” modprobe dengan perintah berikut, supaya modul tersebut tidak dimuat secara otomatis ketika adapter TL-WN725N ada di laptop, karena sudah ada penggerak 8192cu dari Realtek.

# echo "blacklist rtl8192cu" >> /etc/modprobe.d/blacklist.conf

Kemudian saya menghapus modul rtl8192cu yang telah termuat sebelumnya dengan perintah:

$ sudo rmmod rtl8192cu

Dan saya coba lepas adapter TL-WN725N dan memasangnya kembali ke porta USB. Lampu indikator biru yang ada di adapter menyala. Hore. Warnanya sama dengan indikator pada modem UMTS/HSPA saya. Kelap kelip.

Penutup
Akhirnya, saya menghapus firmware-firmware proprietary/non-free dalam bentuk berkas atau paket yang ada di Debian, sehingga sistem dalam laptop saya mendekati destop yang merdeka[1]. O iya, untuk memudahkan pengguna awam, semestinya dibuatkan paket Debian untuk penggerak ini sehingga pengguna dapat langsung memasangnya tanpa harus melalui langkah-langkah teknis yang bagi sebagian orang dirasa rumit[2].

[1] Saya periksa sekilas penggerak dari Realtek berlisensi GPLv2
[2] Saya belum tahu apakah versi kernel >=3.4 sudah mendukung TL-WN725N

* Gambar diambil dari situs resminya, sila klik untuk mengunjungi.

2 thoughts on “TL-WN725N di Debian

  1. Di kernel Linux 3.10 yang baru saya coba, perangkat nirkabel ini langsung jalan dengan penggerak/driver bawaan rtl8192cu. Sebelumnya pasang dulu paket firmware-realtek (non-free). Untuk penggerak yang dari Realtek, saat dikompilasi muncul galat.

    Mungkin waktu pakai kernel Linux versi 3.2.32, lupa pasang paket firmware ini kali ya. Tapi memang non-free ding. O iya, untuk informasi TL-WN725N versi 2 dapat dilihat di sini.

Tinggalkan Balasan

