Sedikit Berusaha

Banyak hal sebenarnya bisa diperbaiki atau dioptimasi jika kita berusaha, sedikit saja, Sedikit berusaha, tapi terus. Minimal lakukan langkah awal saja dulu, kemudian lihat hasilnya, dan jangan menyerah.

Baru-baru ini saya mendapatkan perangkat nirkabel Access-Point (AP) TL-WA701ND. TP-Link lagi? Apa jodoh ya? :D Versinya bukan yang terbaru seperti di situsnya, tapi versi yang pertama. Desain fisik luarnya agak kaku, kotak. Tidak seperti versi terbarunya.

TL-WA701ND ini baru datang dari tempat servis, “dihibahkan” ke saya/perpus. Maksudnya mungkin supaya saya mengujicoba barang servisan ini, dan memastikan bahwa perangkat tersebut sudah tidak oke. Dan benar, ketika pertama kali diuji, lambat, walau kekuatan sinyalnya tergolong kuat. Kisaran kecepatan unduh dari server lokal yang biasanya ~10 Mbps, hanya 10%-nya saja, ~1 Mbps.

Saya heran, kenapa? Saya konfigurasi sedemikian rupa, coba-coba begitu, tidak jadi. Masih lambat. Saya tinggal saja di laci meja, sampai saya punya waktu untuk mengoprek lagi. Akhirnya, minggu lalu saya bawa TL-WA701ND pulang, supaya di akhir pekan saya ada mainan. Dan saya periksa versi firmware-nya, masih lama. Kalau tidak salah tahunnya 2010, padahal sudah tersedia firmware yang lebih baru, 2/28/2012.

Kebetulan saya juga berencana meningkatkan lagi firmware TL-MR3020, yang resmi. Setelah melakukan pengunduhan firmware untuk kedua perangkat nirkabel tersebut, saya mencoba meningkatkan versi firmware yang ada di TL-MR3020 terlebih dulu, dan berhasil. Kemudian saya lanjutkan dengan TL-WA701ND, agak deg-degan, bagaimana kalau tidak bisa dinyalakan lagi alias bricked? Masa saya harus nge-flash firmware secara manual?

Kekhawatiran ini muncul karena bentuk fisik TL-WA701ND yang saya pegang berbeda dengan yang di situs resmi. Takut salah. Dengan berbekal keberanian dan kepastian bahwa memang tidak ada lagi seri TL-WA701ND selain yang saya unduh firmware-nya, serta setelah dilakukan pemeriksaan bahwa sudah benar versinya adalah V1, maka proses peningkatan firmware segera dieksekusi. Alhamdulillah sukses.

Setelah itu saya lakukan pengujian santai dengan mengunduh berkas berukuran besar seperti citra ISO distro GNU/Linux. Dan ternyata kecepatannya baik, bahkan baik sekali. Apa karena switch jaringan saya Gigabit? Bisa jadi. Karena itu hari ini saya bawa TL-WA701ND untuk diuji di tempat yang sebenarnya, yakni kampus.

Daaaaan, menakjubkan, kecepatan unduh ~24 Mbps, lebih dari 2 kali kecepatan unduh pada perangkat nirkabel lain di dalam area yang sama dengan kekuatan sinyal yang sebanding. Padahal cuma ditingkatkan versi firmware-nya. Cuma upgrade. Hal ini paling tidak membuktikan bahwa dengan sedikit usaha, kita bisa mendapatkan hasil yang luar biasa.

Selanjutnya kita lihat apakah kegembiraan ini akan berlangsung lama atau hanya terjadi sekejap saja? Sila tunggu beritanya lain waktu.

Nah, sekarang saya yang dilema, apa saya perlu sampaikan hasilnya ke orang yang memberikan TL-WA701ND bahwa unjuk kerjanya bagus sekali? Karena kalau cerita saya khawatir bakal diambil lagi haha.

Pemutakhiran 16 Januari 2013: Ternyata kedua AP terhubung pada switch yang sama, tapi TL-WA701ND punya fitur IEEE 802.11n 1-stream dan Clear Channel Assessment (CCA). Mungkinkah ini penyebabnya?

Pemutakhiran 15 Januari 2013: Kenapa kecepatannya bisa 2 kali? Mungkin karena perangkat nirkabel terhubung ke switch yang lebih bagus? Nanti akan saya periksa dulu.

Tinggalkan Balasan

