Mendukung OpenWireless.org

Open Wireless MovementKurang lebih 2 bulan ini, sejak saya menyatakan mendukung gerakan Open Wireless, saya mencoba untuk membuka akses Internet melalui perangkat nirkabel milik saya. Walau sinyal tidak terlalu kuat dengan perangkat TL-MR3020, dan dinyalakan saat saya ada di kamar saja, paling tidak saya punya niat dan usaha untuk berbagi.

Yang dibutuhkan untuk bergabung pada inisiatif ini adalah kita mengkonfigurasi perangkat poin akses nirkabel kita menjadi terbuka. Tidak ada kata sandi atau enkripsi. Tidak ada WEP, WPA/WPA2, atau fitur keamanan lainnya. Selain itu nama SSID diset ke “openwireless.org”, supaya tetangga, tamu, atau orang lewat yang terhubung dapat mengakses alamat tersebut untuk mengetahui panduan dan kebijakan penggunaannya.

Isu yang dikhawatirkan orang dengan membuka jaringan nirkabel adalah keamanan dan konsumsi lebar-pita. Untuk isu yang pertama bisa diminimalkan dengan selalu menggunakan protokol yang aman seperti HTTPS pada web, dan pengaya peramban yang wajib digunakan adalah HTTPS Everywhere. Layanan jaringan lainnya dapat disesuaikan dengan protokol keamanan yang tersedia pada aplikasinya.

Untuk pengaturan konsumsi lebar-pita, kita bisa pakai fitur Bandwidth Control yang ada pada perangkat nirkabel kita. Saat ini jatah lebar-pita yang mampu saya berikan untuk para “tamu” adalah 64 Kbps saja. Lumayan, daripada tidak ada sama sekali.

Walau sebagian orang umumnya memanfaatkan produk atau layanan secara “maksimal”, saya hanya ingin mencoba untuk berprasangka baik. Seperti yang dikatakan oleh Bruce Schneier tentang jaringan nirkabel terbuka di rumahnya, yang dikutip pula di situs OpenWireless.org:

To me, it’s basic politeness. Providing internet access to guests is kind of like providing heat and electricity, or a hot cup of tea.

Tinggalkan Balasan

