Melepas Domain Kuliax

Bulan lalu seharusnya saya memperpanjang domain kuliax.org dan kuliax.com, tapi baru ingat satu hari sebelumnya, dan hari itu adalah hari libur. Saya sempat kaget, tidak biasanya saya lupa, karena biasanya ada yang mengingatkan, yakni pemberitahuan dari Whplus, perantara pembelian dan perpanjangan domain-domain tersebut.

Singkat kata, saya mengirimkan pesan ke ym! dan melalui kontak di situsnya, mengatakan kalau saya baru ingat untuk memperpanjang domain, disertai dengan laporan (seingat saya) saya sama sekali belum mendapatkan pemberitahuan berkala tentang kadaluarsanya domain seperti biasa dari Whplus di tahun itu.

Saya sudah 6 tahun selalu memperpanjang domain kuliax.org/.com, dan selalu mendapatkan pemberitahuan berkala tentang kadaluarsanya domain-domain tersebut sehingga saya bisa memperpanjang sebelum waktunya habis. Saat itu saya juga mencoba masuk dengan alamat surel stwn at duniasemu ke situs panel untuk pelanggan lama maupun pelanggan baru[1], hasilnya tidak bisa. Saya menanyakan solusinya bagaimana.

Akhirnya selang beberapa hari, saya mendapat jawaban melalui stwn at duniasemu, kata mereka karena kontak surel saya diset menjadi stwn at kuliax, jadi saat domain kadaluarsa, surel tersebut juga dinonaktifkan. Kemudian dilanjutkan dengan permintaan untuk mentransfer pembayaran ke rekening mereka, disertai dengan pemberian akun baru ke situs panel mereka dengan nama pengguna stwn at duniasemu.

Saya hanya ingin menelusuri alur logika dari kondisi ini.

  • Kalau memang saya mengeset kontak surel ke stwn at kuliax, kenapa tidak ada pemberitahuan berkala ke kotak masuk saya di surel tersebut, sebelum domain habis?
  • Kalau memang saya mengeset kontak surel ke stwn at kuliax, kenapa mereka mau membalas ke surel saya di stwn at duniasemu, bahkan memberikan akun baru dan hak akses untuk memperpanjang domain-domain tersebut?
  • Bagaimana mungkin mereka bisa percaya pada seseorang yang mengaku sebagai pemilik domain tersebut, padahal menurut mereka identitas surelnya berbeda?

Saya tidak ingin memperpanjang masalah, dan juga domain-domain tersebut. Dilepas saja, kalau jodoh akan ketemu kembali. Sebagai gantinya saya membeli kuliax.net[2] yang kebetulan tersedia[3], tentu saja di tempat lain ;-)

Memang sih hal ini sebenarnya kesalahan saya, kenapa tidak memperpanjang domain pada waktunya.

[1] Saya baru tahu ada perbedaan situs untuk pelanggan baru dan lama
[2] Pendaftaran kuliax.or.id kok agak ribet ya, pakai surat keputusan segala
[3] Sebelumnya diperpanjang oleh yuda

4 thoughts on “Melepas Domain Kuliax

Tinggalkan Balasan

