Catatan Awal Tahun

Awal tahun 2013 ini biasa saja. Tidak pergi kemana-mana, hanya beres-beres dan melakukan pekerjaan rumah seperti biasa. Masih melakukan optimasi meja kerja, ruangan, mengurangi barang-barang yang tak perlu, biasanya sih dimigrasikan ke kampus, perpus, atau yang lain. Kemudian menata kabel antena, router+modem UMTS/HSPA, pengisi daya laptop, jaringan, agar rapi dan tersembunyi.

Setumpuk kantong plastik dari kamar dipindahkan ke dapur supaya dapat dipakai oleh orang banyak. Tidak terasa saya mengumpulkan banyak kantong plastik. Walau sebagian besarnya berlabel “dapat terurai hancur dalam jangka waktu tertentu”, tapi saya kira kita perlu berusaha maksimal untuk menolak kantong plastik di tempat belanja, yaitu dengan membawa tas sendiri. Hal-hal lainnya, CD yang tak jelas dibuang, kardus-kardus kecil dikumpulkan ke dalam kardus yang lebih besar.

O iya, ada anggota baru di kamar saya yakni switch Gigabit Ethernet dan 00 Raiser yang kini mengisi sedikit ruang kosong di meja. Ternyata hilang barang, datang barang baru lagi. Psikologi manusia, suka mengisi tempat yang kosong *sadar* Hanya saja, sekarang lebih lega. Konfigurasi akan terus dievaluasi.

eZ430-ChronosJam tangan digital[1] eZ430-Chronos yang dibeli 2 bulan lalu belum sempat diganti firmware-nya ke openchronos-ng. Rencananya si chronos ini mau dijadikan pengganti jam tangan G-Shock saya yang telah berumur 14 tahun, dan sampai saat ini mati, belum dibongkar atau saya bawa ke tempat servis terdekat.

Ada pula perangkat nirkabel TL-WN722N untuk cadangan kalau perangkat nirkabel bawaan X200 rewel. Lumayan, chipset Atheros AR9271, ada antena kecil 4 dBi dan memungkinkan suatu saat diganti dengan yang lebih besar. Kekurangan ada pada ukuran yang tidak mini atau nano, dan firmware yang dibutuhkan penggerak ath9k_hci di Linux masih tertutup.

2012 Reading ChallengeAlhamdulillah, tahun kemarin bisa menyelesaikan target membaca sebanyak 5 buku. Tahun ini rencananya 10 buku. Rencana lainnya adalah mengurangi tumpukan cucian dan menyetrika, mensortir dan membuang tumpukan kertas, serta menulis di blog kampus yang cukup lama terabaikan.

Ada ide pula untuk menggambar abstrak di kertas-kertas penutup separuh jendela kamar yang lebih dari 2 tahun lalu masih polos-polos saja. Mungkin bisa juga mengajak anak-anak tetangga untuk ikut berkontribusi dalam proyek ini.

[1] Sebenarnya sistem pengembangan nirkabel berbentuk jam tangan :D

* Gambar diambil dari masing-masing situs, sila klik untuk mengunjunginya.

Iklan

2 thoughts on “Catatan Awal Tahun

  1. sangprabo berkata:

    Soal kantung plastik yang kabarnya akan terurai setelah 2 minggu itu, saya pernah coba amati. Kok kayaknya cuma sekadar jadi lebih kusam begitu ya? Tidak benar-benar hancur. Mungkin memang harus meninggalkan penggunaan plastik atau bawa tas sendiri dari rumah kalau mau belanja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s