Nexus 3

Galaxy Nexus by Roger Luo (CC BY-NC-ND)Kurang lebih 2,5 bulan yang lalu saya membeli ponsel pengganti Galaxy 5, yakni Galaxy Nexus i9250 (GSM) atau “Nexus 3”. Seperti biasa saya melakukan survei cukup lama sambil melihat kebutuhan, dan menunda-nunda keinginan untuk meyakinkan bahwa inilah yang saya butuhkan. #uhuk

Demikian, akhirnya ponsel ini saya miliki. Serasa bermimpi, sungguh. Saya tidak pernah membayangkan punya ponsel sebagus ini *lebai bin ndeso*. Android murni tanpa “bid’ah”. Layarnya indah. Lumayan rapet pikselnya, walau bukan Gorilla/Corning Glass. Ukuran ponsel cukup besar 4,65 inci, tadinya saya tidak begitu yakin, tapi setelah dipakai cukup lama akhirnya terbiasa juga, pas pula.

Penyimpan internal yang tersedia sebesar 16 GB, turah-turah banget untuk kebutuhan saya. RAM 1 GB, lega untuk menjalankan banyak aplikasi. Tersedia NFC, untuk saya mainkan dengan tag NFC-nya.

Yang kurang pada Nexus 3 adalah kameranya tidak begitu baik untuk ponsel di kelasnya. 5 MP, otofokus, flash LED, dan deteksi muka jika menggunakan Android Jelly Bean[1]. Walau begitu, saya bersyukur dapat mengambil gambar dengan lumayan baik jika cahayanya cukup. Kekurangan lainnya jelas, baterai. Boros, karena spesifikasinya membutuhkan sumber daya besar[2]. Kapasitas hanya 1750 mAh, penggunaan biasa bisa 20-25 jam saja.

Untuk transfer data ke komputer menggunakan microUSB, tapi sayangnya protokol yang didukung bukan USB mass-storage tetapi MTP. Jadi perlu pasang paket mtp*, sedang di Debian squeeze kurang mutakhir, perlu ambil dari wheezy. Sementara atau semenahun pakai jaringan nirkabel alias WiFi. Sekalian pakai rsync backup for Android.

Sekarang sedang ingin memasang CyanogenMod 10 untuk ponsel ini, yang ternyata sudah masuk bagian stabil tanggal 13 November kemarin, walau di wikinya belum. Nunggu waktu yang tepat.

O iya, akhir bulan lalu muncul ponsel “Nexus” yang lebih baru yaitu Nexus 4. Padahal baru setahun Nexus 3 diluncurkan. Saya sadar kembali, kita semua ini sebenarnya sedang “dipermainkan” oleh perusahaan dan entitas bisnis? Kapitalis?

[1] Saya meningkatkan versinya dari bawaan 4.0 ke 4.1.1, yang 4.2 belum keluar
[2] Prosesor dua inti Cortex-A9 1,2 GHz dan GPU PowerVR SGX540 +layar indah

* Gambar Galaxy Nexus oleh Roger Luo, berlisensi CC BY-NC-ND.

13 thoughts on “Nexus 3

    • Android yang murni dan sesuai dengan apa yang pembuatnya (Google dkk) maksudkan bo. Tidak dicampuri tambahan dan modifikasi baru dari pabrik ponsel

      Selain itu bootloader-nya bisa dibuka kuncinya/unlock dengan mudah seperti membuka kunci rumah kita. Tekan tombol kombinasi, colok kabel microUSB, ketika perintah fastboot. Jadi bagus untuk pengembangan, walau kapan stwn berkembang tidak tahu juga :D

      Dan yang asyik dengan “Nexus” kita punya semacam garansi untuk mendapatkan pemutakhiran Android langsung dari pembuatnya, murni tanpa tambahan. Yah, dibatasi oleh spesifikasi ponselnya sih, apakah speknya mampu menjalankan Android versi yang lebih/paling baru

      Sepertinya saya perlu nulis tentang tren perangkat lunak di ponsel yang semakin ke sini semakin membutuhkan spesifikasi perangkat keras bagus, yang imbasnya semakin bertambahnya sifat konsumtif pada diri-diri kita..

      • sangprabo berkata:

        “yang imbasnya semakin bertambahnya sifat konsumtif pada diri-diri kita..”
        Dengan harga Nexus yang masih aduhai, saya pikir harusnya ada peningkatan kualitas diri yang sepadan dengan apa yang kita bayar. *nyindir* *nyindir diri sendiri juga*

  1. za berkata:

    Harganya berapa Wan? Jadi ingin juga nih, ganti Nexus. *Apakah jangan-jangan ini blog berbayar?:D* Nexus 3 ini berarti merk-nya LG? *kuper*

Tinggalkan Balasan

