Perjalanan ke Malang (4)

Bis SuratSetelah dari Universitas Muhammadiyah Malang yang ternyata ada di Jalan Bandung[1], kami berjalan kaki ke barat layaknya Tong Sam Chong. Di sebuah jalan, kami menemukan “musim gugur” dan sempat mengambil foto sebentar. Kemudian perjalanan dilanjutkan sampai di Universitas Negeri Malang. Di sana kami berfoto pula. Kami amati, atau saya saja ya, ada janur kuning, dan juga kotak pos yang catnya baru.

Ketika sampai di sebuah perempatan, kami berlarian, dan tentu saja banyak orang memperhatikan. Ketahuilah ketika banyak orang berlari, seperti kami pada saat itu, akan menarik perhatian masyarakat, apalagi kalau kami membawa pentungan dan golok segala :))

Sesampainya di Jalan Tidar Raya, kami melihat penjual siomay. Saya mengusulkan bagaimana kalau kita mencicipinya. Sebagian dari kami mampir, sebagian yang lain bertahan sebentar kemudian pergi ke minimarket terdekat. Setelah puas makan siomay dan melihat kucing kecil bermain, kami segera kembali ke STIKI Malang untuk mengetahui status terkini acara.

Acara seminar sudah selesai ketika kami sampai di STIKI. Banyak orang berkelekaran di ruang istirahat, di depan ruang pertemuan juga ada sebagian yang ngobrol. Kami mengurus diri sendiri-sendiri, ada yang berniat mandi, ada yang tiduran, dan saya memilih untuk menata barang-barang, hobi banget sih :p

Janur Kuning Meranggas Burung dan Ranting Pohon

Setelah maghrib tiba dan semua sudah menjalankan kewajibannya, saya duduk-duduk di depan ruang Pertemuan KPLI yang akan diselenggarakan. Bertemu dengan pak Guspur, dkk.

Saya ngobrol dengan kang Nana, cerita tentang dulu pernah ikut lokakarya IGOS Nusantara di ITB. Saya munculkan hal tersebut karena sepertinya beliau kurang hafal dengan saya. Kemudian ngobrol tentang Klub/KPLI Bandung. Ada komentar kalau kampus STIKI ini bagus, karena menyediakan colokan listrik di banyak tempat.

Tanda Peserta dan PinSetelah itu saya bertemu dan ngobrol dengan pak Aftian, tentang BlankOn dan banyak “kutu” yang ada di Rote, juga banyak laporannya di milis. Selain itu diskusi tentang mesin pembangun yang berbasis Python dan ketidak-backward-compatible-annya.

Menjelang acara dimulai, saya memilih untuk mendaftarkan diri, praktis obrolan dengan pak Aftian terhenti. Kesempatan mengalihkan perhatiannya dari menanyakan pekerjaan rumah saya :D Sejenak kemudian, para peserta Pertemuan KPLI masuk ke ruangan.

Ternyata banyak juga yang datang di acara ini, ruangan hampir penuh, dari Sabang sampai Merauke? Acara dimulai dengan sambutan ringkas, diikuti napak tilas Konferensi Linux Indonesia begitu, dan dilanjutkan dengan perkenalan KPLI/komunitas yang datang disertai laporan progres kegiatan yang pernah/sedang dilakukan. Kebetulan saya menulis “Purwokerto” di buku tamu dan dikira perwakilan dari sana, saya menyatakan tidak dan menolak untuk memperkenalkan diri. Takut dimarahi KPLI Banyumas.

Ngopi Dulu

Acara berjalan dengan lancar dengan diselingi rehat untuk ngopi atau ngeteh. Di acara Pertemuan KPLI ini ada semacam penghargaan atau anugerah KPLI, terus terang saya baru tahu. Setiap perwakilan sebelumnya diminta untuk mengisi borang identitas dan aktivitasnya sampai saat itu. Tidak dinyana, KPLI Jogja mendapatkan penghargaan ini. Tidak tahu apakah ada hubungannya dengan aktivitas seperti Jogja Goes Free Software/Open Source, Malioboro, dll? KPLI Jogja disebut juga sebagai pengirim perwakilan terbanyak[2].

Rincian Pertemuan KPLI sebenarnya tidak begitu saya pedulikan, bagi saya sih yang penting bisa duduk dan kumpul bareng orang-orang, walau cuma sebagai pendengar saja. Kemudian acara terakhir adalah penentuan lokasi Konferensi tahun depan dengan peserta yang mengajukan/diajukan adalah dari KPLI Tegal, KPLI Sinjai, dan KPLI Aceh.

Dan terpilihlah Aceh sebagai tuan rumah Konferensi Linux Indonesia tahun depan. Insya Allah, kalau ane masih hidup, ane berusaha dan mencuba ikut.

[1] Bukan Jalan Simpang Ijen, lihat cerita sebelumnya
[2] Ternyata ada perwakilan dari KSL UII yang datang

One thought on “Perjalanan ke Malang (4)

Tinggalkan Balasan

