Hidup adalah Eksperimen

Saya kira hidup ini adalah eksperimen. Kita perlu melakukan banyak eksperimen di dalamnya. Dalam eksperimen selalu ada asumsi, hipotesis, metode, dan hasil. Dan hal-hal ini ternyata telah kita lakukan, sadar atau tidak. Coba kita pikirkan, sejak lahir kita sudah melatih itu semua.

Ada asumsi yang salah, hipotesis yang tidak terbukti, metode yang tidak tepat, dan hasil yang tidak maksimal. Semuanya pernah kita alami. Kemudian bagi seorang manusia “peneliti” yang tangguh, pasti akan mengadaptasikan semua komponen tersebut ke dalam lingkungan dan permasalahan yang dihadapinya secara progresif.

Kita tak perlu takut mendapatkan hasil yang keliru. Kita hanya perlu mempelajari hal-hal yang perlu sesuai dengan kondisi yang kita hadapi, menggunakan asumsi yang cocok, hipotesis yang objektif berdasar ilmu, dan metode yang kita yakini tepat (untuk saat itu).

Mungkin kita banyak mendengar cerita tentang “orang hanya dikenal satu kesuksesannya, tetapi jarang diketahui banyak kegagalannya”.

Akhirnya kita akan terus memperbaiki semua hal tentang eksperimen kita dalam hidup, karena hidup adalah perbaikan juga. Perbaikan dari eksperimen-eksperimen “gagal” kita.

Dan kita selalu berharap hidup kita menjadi lebih baik, karena kita terus bereksperimen dengan tekun, berinovasi dengan benar dan ikhlas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s