ROM untuk Elf2

Dua hari kemarin saya mengunduh beberapa ROM kustom untuk Elf2: AOKP, CyanogenMod 10 (CM10), dan ParanoidAndroid (PA). Tentu saja beserta berkas-berkas pendukungnya. ROM-ROM ini menggunakan Android 4.1 alias Jelly Bean (JB). Saya ingin mencoba bagaimana rasanya ketiga ROM tersebut.

Sebelum melakukan percobaan, saya melakukan pencadangan/backup data terlebih dulu. Setelah coba menggonta-ganti ROM, berikut sekilas (sekali) kesan saya terhadap masing-masing ROM.

  • AOKP: setahu saya rilisnya berbasis AOSP[1] dan kustomisasi dari tim “Kang”. Kurang suka dengan logonya, boot terkesan lama, orientasi standarnya potret, lokasi tombol navigasi ada di tengah seperti di ponsel dan ada dock di atasnya, minim karya seni tapi sepertinya kaya kustomisasi/kendali.
  • CyanogenMod 10: berlatar belakang daun dan warna hijau, lumayan oke, Trebuchet (peluncur aplikasi) sering crash ketika diset opsi konfigurasinya.
  • ParanoidAndroid: yang saya baca ROM ini berdasar pada CM10. Karya seni dan tampilannya bagus, mempunyai mode hibrid ponsel dan tablet untuk antarmuka penggunanya. Cocok untuk pengguna yang ingin punya antarmuka dan tampilan kustom pada aplikasi yang berbeda

Kalau boleh diurutkan, walau dengan “data” percobaan yang sedikit (sekali). Dari segi keindahan: PA -> CM10 -> AOKP. Dari segi kustomisasi: AOKP -> PA -> CM10. PA mengungguli CM10 karena ada tambahan kustomisasi tampilan dan mode hibrid.

Saya lebih cocok dengan CM10, tapi tidak bisa bertahan karena Trebuchet yang crash. Sudah ganti peluncur pakai Holo Launcher HD, tetap saja kurang pas di hati baik di destop ataupun di laci/drawer aplikasinya. Padahal sudah coba cari konfigurasi yang pas.

Tampilan fonta juga kurang baik, khususnya di laci aplikasi, mungkin karena latar belakangnya hitam jadi kelihatan, seperti agak pecah begitu[2]. Fonta di jam juga kurang cocok, bagus yang di ICS. Tombol matikan-nyalakan layanan nirkabel, auto-rotate, dll bentuknya kotak begitu. Mungkin ini bawaan JB ya?

Akhirnya saya kembalikan lagi ke Feiyu dengan Android 4.0.4. Stabil, nyaman, dan sesuai kebutuhan. Walau di awal, kita perlu ubah dari Bahasa Cina ke bahasa yang kita sukai. Konfigurasi mode CPU, respon, dan lain-lain lancar. Juga sudah di-root dan disertakan pula ES Task Manager.

Oiya, alhamdulillah si Elf2 sudah lancar gangsar dioperasikan, berkat selotip di jalur data penampil. Kotak penutup ditutup dengan lumayan, kecuali pada bagian kanannya yang agak terbuka/tidak krep. Baru sadar juga baterai Elf2 lama juga habisnya, dibanding ponsel ;-)

Saya senang nan gembira. Akhirnya engkau kembali bersinar seperti sedia kala, Elf2!

[1] Bukankah semua rilis ROM berbasis AOSP? Aneh kan?
[2] JB dioptimasi ke layar perangkat dengan DPI besar?

Iklan

3 thoughts on “ROM untuk Elf2

  1. sangprabo berkata:

    Saya prediksikan, kurang dari 6 bulan lagi Elf2 ini akan berakhir seperti Kupat milik @stwn terdahulu. Maenan buat pemuas nafsu ngoprek, nggak lama kemudian dilego di Kaskus. :D

    • Terima kasih atas prediksinya, bo

      Sebelumnya jangan berprasangka dulu, sesungguhnya kita perlu bersabar dan melihat nanti akibatnya kelanjutannya

      Lagian, kalau memang mau dijual sebenarnya bisa dijual sebelum dibongkar. Kalau dijual sekarang atau 6 bulan lagi, kasihan yang beli, dan mungkin sedikit sekali yang mau beli. Banter-banternya Elf2 buat dikasihkan aja sebagai mas kawin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s