Engsel X60T

Setelah X60 Tablet (X60T) patah engselnya, saya mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya. Soal mesin memang untuk laptop-laptop yang relatif lama bandel, tapi untuk fisik belum tentu. Komentar ini muncul pada saat sesi tanya jawab dengan pemilik sebuah tempat servis yang katanya “mau menerima segala jenis kondisi laptop”.

Terus terang saya sebenarnya sedih melihat X60T begitu “lemas” layar LCD-nya (penutup atas, alias lid). Ungkapan “lemas” saya dapat dari para bapak yang sudah akil baligh. Sebenarnya nggak mudeng sih, tapi sepertinya terlalu dewasa untuk saya yang masih belia ini. Tergantung yang mengatakan.

Mungkin orang akan bertanya-tanya, katanya Thinkpad kuat, mana buktinya? tuh patah engselnya. Hiks, Memang benar kalau Thinkpad kuat, tapi kekuatan ternyata ada batasnya. Wong namanya barang buatan manusia. Apalagi ini Tablet PC, bukan laptop biasa, yang engselnya cuma satu di tengah dan bagian yang horisontal tengahnya seperti pipa dibelah dua[1], jadi relatif lebih ringkih dibanding yang biasa. Ditambah dengan pengoperasian putar-puter dan bolak-balik layarnya.

Mesin X60TSaya tahu karena saya membuka sendiri X60T. Bongkar penutup atas dan bawah mesinnya untuk melepas si engsel. Ternyata memang perlu banyak lepas melepas baut. Tapi di sinilah seninya, saya jadi tahu isi X60T, kekerenan dokumentasi Thinkpad seperti jenis baut dan gambarnya, rangka magnesium, tempat “saluran air” kalau kita guyur air di atas papan ketiknya, dll. Asyik deh.

Mesin X60TSetelah mengamankan penutup atas (lid) X60T agar tidak baret-baret oleh ujung patahan engsel yang sudah dilepas dari lid, saya mengembalikan kondisi mesin. Kemudian baru saya bawa ke tempat servis yang di awal sudah disinggung.

Pemilik tempat servis cukup ramah, atau karena saya bisa memancingnya supaya cerita ya :D Ngobrol banyak. Kemudian X60T saya tinggal, walau dalam hati sedikit khawatir, tapi ya sudah tak apa-apa. Demi kebaikanmu wahai X60T! Seminggu kemudian saya kembali lagi dan belum beres karena susah nyari engsel yang bisa “dikanibal” dari laptop lain. Begini nggak enaknya punya laptop spesial.

Telpon sana-sini tidak mendapatkan engsel dambaan. Pemilik servisan sempat mengatakan akan mencoba mengakali. Saya bilang, saya pernah lihat engsel harganya 300 ribuan tapi untuk X61T, belum tahu kompatibel nggak dengan X60T. Orangnya tak mau ambil risiko mengambil barang dari Internet, takut salah, rugi.

Akhirnya karena saat itu minggu terakhir menjelang lebaran ya saya tinggal lagi. Padahal dari rumah ingin bawa balik si X60T. Pan nanti ditinggal seminggu dua minggu, kamu nanti digigitin tikus gimana? Yasud, saya berdoa saja agar X60T baik-baik saja.

Engsel X60TWaktu berlalu, saya kembali ke Purwokerto setelah lebaran. Sempat lewat tempat servis ternyata belum buka. Saya kembali ke sana minggu depannya, dan secara tegas mengatakan “Sudah, kita putus saja nanti saya yang nyari engselnya, Mas. Sini cuma masang saja. Ok?”. Demikian akhirnya saya menemukan engsel X61T yang ternyata kompatibel dengan X60T di Jaknot[2]. Harga 205 ribu rupiah.

Singkat cerita engsel terpasang dengan sukses dan saya membayar 50 ribu untuk ongkos pasang, padahal kalau di Jaknot sendiri setahu saya 125 ribuan. Mungkin karena harga lebih murah penutup kecil di dekat tombol volume dan ThinkVantage tidak tertutup dengan krep, selain itu saya juga kehilangan penutup jurus setengah lingkaran terus bulet untuk engsel bagian luarnya.

Thinkpad X60TTapi nggak lah, saya nggak mau berburuk sangka, mungkin saya tidak sengaja membuangnya karena dikira barang tak berguna. #uhuk Kini X60T telah dimiliki oleh seseorang yang lain di Bandung, tentu saja setelah saya pastikan kondisinya oke dan normal.

Terima kasih banyak atas persahabatan yang telah terjalin. Selamat jalan X60T. Selamat tinggal. Baik-baik ya.

[1] Bagian “lowong” di tengah engsel disediakan untuk lewat kabel
[2] Saya menelpon ke sana untuk meyakinkan akan kekompatibelannya

3 thoughts on “Engsel X60T

    1. stwn Penulis Tulisan

      tidak juga bo, saya menggunakan thinkpad dengan ilmu dan bashirah. memang hidayah hanya didapatkan bagi orang-orang yang mau berpikir dan berjuang :d

      Balas
  1. Ping balik: Thinkpad X200 « stwn.ngeblog.

Tinggalkan Balasan

