Menjadi Pemula (Lagi)

Menjadi pemula lagi itu menyenangkan. Karena saat kita menjadi pemula, kita belajar, dari awal. Kita tak punya beban apapun. Tak punya sejarah dan kebanggaan yang bisa dipamerkan. Kita hanya menjadi diri sendiri, dan hanya ingin belajar saja.

Saat menjadi pemula, kita menjadi orang yang tidak tahu malu, karena memang kita benar-benar tidak tahu. Umumnya pemula banyak maunya. Inginnya tinggi-tinggi, tidak tahu kalau untuk mencapai lantai ke seratus, kita perlu melalui lantai pertama, kedua, dan seterusnya. Tapi di sinilah berartinya semangat, semangat yang tinggi. Untuk melakukannya dengan baik harus ada usaha, bila diperlukan bimbingan orang tua yang sudah pernah terjun ke tempat tersebut.

Seperti yang pernah kita dengar dari kutipan yang diambil Steve Jobs dari edisi terakhir The Whole Earth Catalog, “Stay Hungry, Stay Foolish“. Tetaplah lapar, dan tetaplah bodoh. Supaya kita dapat tetap bersemangat untuk terus “mencari makan” dan “mencari ilmu”.

Dan menariknya, slogan ini adalah bukti bahwa dengan ketidakmapanan, ketidakstabilan, dan terus mencoba keluar dari zona nyaman membuat orang menjadi makhluk yang dapat terus mengembangkan nilai-nilai yang (lebih) berarti.

Iklan

2 thoughts on “Menjadi Pemula (Lagi)

  1. Yang namanya ilmu dan pengalaman kalau diisi mesti bertambah. Ini hanya masalah mental pemula saja, mirip seperti mode musafir, Zak. Karena kita merasa pemula, kita jadi ingin belajar terus. Dan tidak mengkhawatirkan hal-hal lain selain belajar itu sendiri

    Seperti botol yang kosong akan mudah diisi. Kita tinggal punya botol yang banyak saja, atau punya botol satu buah tapi juga punya kolam tempat nampung air dari botol tersebut hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s