Melihat Hasil Akhir

Ketika kita sudah mulai tidak bersemangat atau malas dalam mengerjakan sebuah pekerjaan, maka salah satu cara yang bisa diusahakan adalah dengan melihat hasil akhirnya. Paling tidak, dapatkah kita membayangkan hasil akhirnya?

Terkadang atau bahkan mungkin sering, kita malas karena kita tidak tahu kapan sebuah pekerjaan berakhir. Tentu saja ini relatif ya, karena kita tahu pekerjaan menyenangkan tidak ada akhirnya. Kalau seandainya pekerjaan itu mengasyikkan, bisa jadi kita kurang semangat karena milestone atau checkpoint selanjutnya belum terlewati.

Cara yang mungkin adalah dengan itu tadi, membuat kerangka hasil akhir. Apa yang kita harapkan dari hasil akhirnya? Secara umum kita bangun dulu gambaran kasarnya. Dengan melihat rancangan hasil akhir, yang tentu saja sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan kita, maka kita bisa lebih terarah dalam bekerja.

Membuat purwarupa perlu sebenarnya. Kita sering malas karena dari awal kita tidak tahu apa yang sebenarnya kita kerjakan. Kalau hidup, apa tujuan akhir hidup kita? apa akhir dari perjalanan kita. Bagi yang suka merenung pasti sudah mengenal pertanyaan “Apa sih arti semua ini?”.

Jadi, kalau kita sudah kurang semangat atau males-malesan, periksa lagi akhir dari pekerjaan kita. Periksa kembali hal-hal penting yang perlu ada di hasil akhir. Ubah dan rekonstruksikan.

Iklan

2 thoughts on “Melihat Hasil Akhir

  1. stwn Penulis Tulisan

    Lebih baik dirimu segera mempelajari Mars dan bagaimana caranya ke sana, daripada hanya sekadar berkomentar pada kiriman blog ini, Zak :D

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s