Menata Buku

Akhir minggu ini kegiatan saya salah satunya adalah menata hati buku. Sebenarnya koleksi buku saya tidak banyak, hanya saja saya ingin mengurangi jumlahnya, minimal menyebarnya ke beberapa tempat.

Buku-buku yang dalam 1 tahun ini diperlukan atau relatif sering dipakai (baca: penting) berhak menempati rak di kamar. Selain itu akan berada di luar, yakni kampus dan perpustakaan. Kalau suatu saat saya butuh, baru akan saya cari ke tempat-tempat tersebut. Ketemu syukur, tidak ketemu ya sudah.

Setelah dipilah, lumayan, 1 kardus buku dan 1 rak bisa dikeluarkan dari kamar. Sisanya tinggal 1 rak gantung yang berisi buku-buku yang “dimampatkan” :D Beberapa buku, majalah, dan dokumen sengaja diletakkan/dipisah di meja dengan penyangga buku, sebagai tanda “kerjaan semester ini”.

Setiap waktu saya berusaha untuk menata dan mengoptimasi semua yang ada di sekitar saya. Mulai dari pojok kamar, sudut meja, atau yang lain. Sedikit demi sedikit, ruangan akan menjadi agak lega dan hati menjadi riang gembira.

Semakin sedikit bawaan, semakin ringan perjalanan.

4 thoughts on “Menata Buku

  1. za

    Ya ampun, pendekatannya, engineer banget: optimasi :P Kamu perlu baca buku Momo tulisan klasik karya Michael Ende, Wan.

    Coba lihat daftar bukumu Wan. Yuk kita buat resensi buku-buku.

    Balas
  2. sangprabo

    *malu*

    Buku2 saya nggak seberapa banyak dan setahun ini nggak sempat baca buku untuk investasi kepala ke atas. Cuma beberapa e-book gratisan dari mandor pabrik via Amazon Kindle. Kalo Mas stwn alokasi sebulan untuk beli buku seberapa besar? Kayaknya keren ya, misal universitas bikin account di Amazon atau apalah, nanti buku yang dibeli berdasarkan vote dari mahasiswanya.

    Btw, banyak baca buku, ituh mata jadi minus berapa sekarang Mas?

    Balas

Tinggalkan Balasan

