Apa Adanya

Menjadi apa adanya membutuhkan keberanian. Keberanian yang alami, dari diri sendiri. Pertanyaannya, mengapa sebagian orang tidak memunculkan apa adanya mereka? apakah mereka dapat dikatakan tidak berani? pada diri sendiri?

Setelah direnungi #uhuk, ketika seseorang menjadi apa adanya, memunculkan diri yang sebenarnya, membuka topeng dan baju-baju yang menutupi kepalsuannya, Ia seperti merobohkan benteng-benteng pelindung dirinya.

Ketika menjadi apa adanya, sebagian orang takut. Takut diserang, karena dirinya menjadi rentan. Vulnerable. Semua yang Ia punyai terlihat oleh semua orang, khalayak ramai. Sehingga muncul kekhawatiran, bagaimana jika begini begitu dst.

Ini pula yang barangkali menjadi jawaban pertanyaan seperti “Kenapa orang jarang yang bertanya”, “Mengapa sebagian orang tidak mau mengambil inisiatif?”, “Kenapa sebagian orang tidak mau menjadi pemimpin?”, …

Orang takut bertanya karena Ia khawatir, apakah pertanyaannya relevan, apakah ini bukan pertanyaan bodoh, bagaimana pendapat orang-orang kalau pertanyaan saya (terlihat) bodoh, bagaimana jika memang ini pertanyaan bodoh kemudian setelah acara ini saya akan ditertawakan seumur hidup *lebai*, bagaimana dengan citra saya sebagai seorang yang keren, dst.

Begitu pula dengan orang yang mengambil inisiatif dan menjadi pemimpin. Banyak pertanyaan dan kekhawatiran yang menghantui. Walaupun sebenarnya bagus pada asalnya ketika seseorang memikirkan dan mempertimbangkan aksinya lebih dulu. Menimbang baik buruknya.

Maka, bergembiralah wahai yang berani apa adanya, yang berani mengekspos ketidaksempurnaannya secara alami. Nilai seseorang bukan dengan menjadi “sempurna” di mata orang dan menutupi diri dengan topeng serta baju-baju yang bisa jadi palsu dan kedodoran.

Iklan

2 thoughts on “Apa Adanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s