Alur Presentasi

Sebagian pengajar senang, ketika mengajar suatu mata kuliah, mendapatkan bahan-bahan ajar termasuk presentasi. Umumnya koleksi presentasi disertakan bersama dengan buku teks atau dapat diunduh di situs penerbit. Mereka punya “dasaran” cepat untuk mempresentasikan isi dari materi yang akan diajarkan.

Terkadang karena terbatasnya waktu untuk mempelajari materi dan aktivitas kampus yang lain, membuat pengajar langsung menggunakan presentasi bawaan buku. Tidak masalah sebenarnya. Hanya saja kemungkinan ada banyak hal tertinggal di buku yang belum dicantumkan di presentasi[1] dan satu hal penting, menurut saya, alur ceritanya.

Contoh saja, minggu kemarin saya mengajar menggunakan presentasi yang sudah ada, bawaan. Ternyata saat di kelas saya agak susah untuk mengalirkan cerita. Putus-putus. Mandeg, kemudian melihat presentasi, cerita lagi, dst. Aliran cerita tidak lancar.

Sebabnya saya kira adalah presentasi yang ada dibuat oleh orang lain, dan tentu saja menyesuaikan dengan cara, gaya, dan alur presentasi orang tersebut. Boleh jadi gaya presentasi kita sama dengan pembuatnya dan klop ketika mempresentasikannya. Tetapi banyak kasus tidak seperti itu.

Setiap orang punya cara dan gayanya sendiri dalam melakukan presentasi

Akhirnya, saya membuat presentasi saya sendiri dengan referensi buku teks, presentasi penulisnya, dan sumber-sumber lain, kemudian menambahkan dan mengurangi isinya sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Sebisa mungkin ringkas-padat, sesuai dengan rancangan pengajaran, dan alur ceritanya mengalir dengan baik.

[1] Boleh saja pengajar menggunakan hafalan, tapi seberapa kuat ingatannya?

Iklan

4 thoughts on “Alur Presentasi

  1. Ping balik: Proses Membuat Materi « Zaki Akhmad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s