“Cocok-Cocokan”

Saya pernah punya jaket yang saat itu baru, kemudian pada suatu ketika warnanya agak pudar dan “belang” akibat salah mencuci. Saya merendamnya terlalu lama, karena disambi bercengkrama dengan komputer. Tahu sendiri kan, kalau sudah di depan komputer jadi seperti terbang melayang dan waktu menjadi terasa singkat.

Terus terang Ibu saya yang memberitahu penyebabnya. Kalau saja Ibu tidak melakukannya, mungkin saya tidak menyesal seperti ini :D Ya benar, saya menyesal telah meninggalkan jaket baru saya sendirian, di dalam rendaman air deterjen yang memiliki konsentrat menyakitkan.

Kemudian, waktu berlalu. Saya hanya mengatakan, toh sudah terjadi, mengapa harus disesali. Memang dunia ini fana. Jangan terlalu berharap pada dunia. Sok bijak kan. Demikian usaha saya untuk menenangkan diri sendiri, dan Alhamdulillah (hampir selalu) berhasil.

Soal jaket ini hanyalah salah satu[1] contoh kejadian yang saya alami dan mengingatkan saya pada istilah “cocok-cocokan.” Kalau cocok ya jalan, kalau tidak ya bubar jalan. Jodoh begitu.

Kalau jaket tersebut cocok dengan saya maka ia tidak akan “belang” atau minimal tahan untuk tidak menjadi “belang” sekali. Kalau “belang” berarti saya tidak cocok untuk menggunakan jaket dengan bahan seperti itu.

Pelajaran dari cerita ini, saya lebih mengerti diri sendiri, bahwa saya membutuhkan jaket yang siap dan kuat direndam. Di sisi lain, saya berubah, saya lebih memperhatikan waktu ketika merendam dan mencuci jaket/apapun.

[1] contoh lainnya adalah pemilihan komputer jinjing Thinkpad yang kuat dan “tahan banting”

3 thoughts on ““Cocok-Cocokan”

  1. sangprabo berkata:

    Kalau sudah tidak ada chemistry sedari awal memang jangan dipaksakan Mas, takutnya salah satu akan “memudar” karena terlalu lama terabaikan.

Tinggalkan Balasan

