Sepeda Avalanche

Mungkin para pembaca bertanya-tanya seperti apa sih kondisi sepeda stwn sekarang? *sok selebritis* Baik, pada kiriman blog ini akan dibahas kondisi sepeda stwn setelah ~2 bulan ini. Memang saya suka lebai dengan barang-barang punyaan sendiri.

Sejak pertama membeli sepeda, sesuai dengan pertimbangan yang ada pada kiriman blog sebelumnya, bahwa sepeda harus mempunyai ruang untuk sedikit dioprek. Dibongkar-pasang.

Jadi, dari awal saya sudah membayangkan akan menjadikan konfigurasi bawaan sepeda sebagai “kode dasar” untuk dilakukan konfigurasi dan upgrade. Mohon @sangprabo menyimpan komentarnya dulu, Ok? Baik, sila duduk yang tenang, Wo.

Setelah memperhatikan dengan seksama dan mengalami beberapa kejadian yang mengasyikkan, seperti konfigurasi FD dan RD, maka saya memutuskan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut.

Membeli perlengkapan dan aksesoris
Hal termudah yang dilakukan disertai dengan pengelabuan kenyataan bahwa ternyata setelah dihitung total harga printilan-printilan ini menjadi membengkak.

  • Bel ting-ting cateye, untuk memperingatkan pengguna jalan lain bahwa stwn akan lewat. Bel wae kok larang yo?
  • Pompa mini United/Beto, untuk memompa ban depan dan belakang. Semua orang sudah tahu. Bedanya, pompa ini bisa digendong kemana-mana.
  • Toolkit 15 in 1, peralatan kunci yang ringkas ala “swiss army knife.”
  • Tempat botol Topeak, dan botol minum murmer.
  • Kunci sepeda Pacific dan V-Lock. Ya benar, saya punya 2 kunci, satu kunci biasa, satunya lagi kunci isi baja dengan diameter 1 cm :D Seperti mau melindungi barang yang berharga sekali. Setiap barang mempunyai ikatan emosional. Terima kasih, bagi yang memberi tahu bahwa saya perlu lebih ikhlas.
  • Pelindung: rantai murmer, kabel-rangka Sapience, RD merek lokal dari Jogja, helm Momentum
  • Fender Element yang dipasang di bawah rangka, untuk menahan cipratan air, lumpur, ataupun kerikil. Ceritane.
  • Lampu LED untuk dipasang di depan dan belakang sepeda. Digunakan saat bersepeda di malam hari. Biar aman.
  • Tas Deuter Cross Bike yang bisa menampung bladder/tempat air 2 liter. Sekaligus mengganti tas Eiger lama saya yang sudah rusak ritsletingnya setelah 7 tahun lebih dipakai.

Upgrade bagian-bagian sepeda
Hal yang mengasyikkan tetapi akan menghasilkan pikiran yang tidak tenang karena proses upgrade akan merembet kemana-mana.

  • Sadel standar diganti Velo Gel United bolong. Nyaman banget ketika diduduki, tengahnya ada lubang jadi lebih semriwing.
  • Bottom Bracket (BB) diganti dari Cup and Cone ke sebenar-benar BB yakni sealed catridge tipe kotak Shimano BB UN26. Bunyi “kretek-kretek” ketika mengayuh, pemeriksaan dan pelumasan rutin dapat dihilangkan dari sepeda.
  • Pedal standar United diganti Wellgo yang sudah sealed-bearing. Ketika dikombinasikan dengan BB di atas jadi lebih lonceeer.
  • Stem panjang standar United diganti pendek Over-Size (OS) Zoom.
  • Stang atau handlebar standar United standar diganti OS Mosso yang agak naik pegangannya/rise. Saya suka dengan model seperti itu dan cocok untuk persiapan XC ringan, juga ada “rumus” di sebuah buku bahwa “ketika stem yang digunakan pendek, maka stang juga harus lebih tinggi.”
  • Sarung/grip stang murmer yang model kunci/lock-on. Masangnya lebih gampang — tinggal slup, terus dikunci diujungnya, tidak merusak stang, dan nyaman saat dipegang.

Konfigurasi

  • Pegangan rem dan shifter FD/RD diputer lebih ke bawah, menyesuaikan posisi telapak tangan dan jari saat memegang stang.
  • Posisi sadel agak mundur maju, disesuaikan dengan posisi stwn saat menaiki sepeda.

United Avalanche

Btw, sebagian sisa hasil upgrade sepeda Alhamdulillah sudah terjual dengan sukses dan saat ini sedang mulai bersih-bersih lagi barang-barang yang tidak terpakai atau nganggur untuk dijual atau dihibahkan.

Ya, agar perjalanan kita lebih ringan.

Iklan

3 thoughts on “Sepeda Avalanche

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s