For the Love of Physics

Dulu saat menjelang dan awal masuk kuliah saya ingin ke MIT. Jelas ini mimpi di siang bolong, sekarang pun masih seperti itu. Hanya saja mimpi itu kini menjadi biasa saja. Sebelumnya saya sering bercerita bahwa di sana begini begitu. Yang keren-keren.

Salah satu yang pernah saya baca dan dulu sempat saya ceritakan ke orang-orang, bahwa di MIT itu kelasnya asyik. Dosen memberikan kuliah dengan menarik, mempraktekkan teori-teori di dalam kelas, seperti menjadi beban pada pendulum. Dosen tersebut berayun-ayun sambil memberikan kuliah tentang pendulum.

Kemudian hal lain yang mengasyikkan adalah setiap hari Minggu atau libur atau apa saya lupa, ada perang-perangan antar jurusan. Medan perangnya gedung dan lingkungan kampus. Paintball. Jadi ingat film The Big Bang Theory. Yah pokoknya begitu lah, cerita yang seru-seru.

Beberapa minggu ini saya menemukan bahwa dosen yang saya ceritakan di atas bernama Walter Lewin. Saya mengetahuinya tak sengaja saat main ke periplus di malioboro. Di sana saya melihat ada buku karyanya.

Judul buku tersebut adalah “For the Love of Physics,” sebuah otobiografi yang berisi kisah hidup, mengajar dan kehidupan kampusnya yang eksentrik, dan penjelasan-penjelasan membumi tentang fenomena fisika yang ada di sekitar kita, seperti awan, pelangi, suara, listrik, magnet, dst. Dan bisa ditebak, saya membeli buku tersebut.

Jika Feynman adalah fisikawan teoritis, Lewin adalah fisikawan eksperimental. Menggabungkan kedua orang tersebut tentu menjadi hal yang menarik.

2 thoughts on “For the Love of Physics

  1. za

    Berarti kamu perlu kenalan dengan Pak The How Liong (ejaan?), Wan.

    UTS. Lempar bola. Coba tuliskan model matematika gerakan bola tersebut.

    Balas

Tinggalkan Balasan

