Orang Keren

Tahun ini banyak orang keren yang tutup usia. Dennis Ritchie, John McCarthy, Steve Jobs, Ilya Zhitomirskiy, dan banyak lagi orang yang mungkin lebih keren dari yang disebutkan atau dikenal namanya. Pahlawan tanpa nama, tanpa kepopuleran, tanpa kenangan.

Saya tidak akan membahas masing-masing orang keren tersebut, karena sudah banyak situs web dan buku yang mengungkap bagaimana kehidupan mereka. Saya hanya ingin berbicara sedikit tentang stres atau tekanan pada orang-orang keren. Yah, hanya sekedar cerita-cerita saja ya, jangan dimasukkan otak apalagi hati.

Saya yakin, orang keren memiliki tekanan yang tinggi. Sering stres. Mereka tertekan oleh banyak hal, imajinasi, keinginan, harapan, kesedihan, dan banyak lagi yang berasal dari diri mereka sendiri dan dari luar. Saya berasumsi yang paling banyak menekan adalah dari diri mereka sendiri.

Ini sejalan dengan kealamiahan manusia yang selalu merasa kurang ini itu. Tidak puas. Dan juga sepertinya orang keren memiliki sesuatu impian tinggi, terkadang ketika terbentur dengan masalah, mereka cenderung gampang stres, saya kira. Terutama bagi figur yang perfeksionis seperti Steve Jobs.

Karena visi, pikiran, dan kreativitas mereka itu lebih besar daripada kemampuan fisik mereka maka sering, walau tidak banyak diketahui publik, mereka jatuh, terpuruk, hilang arah, lebih dari orang-orang biasa. Sampai kemudian mereka kembali lagi bersemangat mewujudkan impiannya, dengan menyisakan puing-puing tekanan yang tersisa, dan semakin bertambah sejalan dengan masa.

Kata orang, stres itu tanda bahwa kita butuh melepas sesuatu. Ada sesuatu yang nyangkut di dalam diri kita. Kunci yang saya tahu adalah berkomunikasi dengan orang lain. Dengan berbicara, ngobrol, berbagi, kita dapat mengungkapkan apa-apa yang menghantui diri kita. Ide, imajinasi, kreativitas, tebakan, dan lain-lain.

Orang keren yang baik adalah orang yang mempunyai banyak tekanan tetapi berusaha menguranginya dengan berbagi tentang apa yang ada di pikirannya.

Catatan: kiriman blog ini terinspirasi dari berita kematian Steve Jobs, kemudian ditambah dengan kabar bahwa Ilya Zhitomirskiy meninggal pada umur 22 tahun, yang kata sebuah artikel di IEEE Spectrum adalah seseorang yang bicaranya lembut tetapi otaknya bergerak menderu-deru.

Iklan

2 thoughts on “Orang Keren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s