Koleksi Tiket

Sejak saya harus pergi meninggalkan Jogja sekian tahun yang lalu, tidak tahu kenapa saya suka mengumpulkan tiket perjalanan[1]. Pergi sekali, kumpulkan tiket sekali. Pergi dua kali, kumpulkan tiket dua kali, dan seterusnya. Aneh tapi nyata, termasuk saat saya agak takut ketika harus bepergian, yah karena mungkin saya jarang melakukannya.

Perjalanan pertama setelah lulus saya lakukan ke Ibukota, bolak-balik. Sempat bertemu dengan tukang tipu, hipnotis, dan lain-lain. Menegangkan juga menyenangkan, ketika kita dapat merasakan udara luar kota, menikmati suasana yang berbeda, bertemu dengan variasi tipe orang yang bermacam-macam, banyak pelajaran deh.

Saya masih hafal dan mengenali tiket-tiket yang sudah tersimpan, serta bisa mengingat acara dan kejadian apa pada saat itu dengan melihat apakah tiket tersebut kereta, bus, atau pesawat, dan juga waktunya. Saya punya kemampuan menghubungkan informasi-informasi yang terkait satu sama lain[2].

Sampai sekarang pun saya masih bepergian ke luar kota, bukan karena keinginan tapi lebih banyak karena keharusan, kewajiban, bahkan takdir. Banyak koleksi tiket yang terpaksa saya buang karena memang memenuhi tempat. Dan juga saya ingin mencoba melepaskan semua kenangan yang melekat pada tiket-tiket itu *opoiki*

Banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa kita dapatkan saat melakukan perjalanan. Yang tidak pernah kita dapatkan jika kita hanya ngendon di kamar. Kita mempunyai pandangan luas karena tahu banyak tempat, bertemu dengan banyak orang, dan merasakan kondisi-kondisi senang juga memprihatinkan.

Sebagai penutup saya ingin mengutip salah satu pelajaran saat melakukan perjalanan[3]:

Perjalanan mengajarkan bahwa yang sebenarnya kita butuhkan dalam hidup hanyalah sedikit saja. #kicaufavorit

[1] Seharusnya dimulai saat pergi dari kampung halaman ya
[2] Paling tidak saya melatihnya :p
[3] Kutipan ini juga disukai oleh @sangprabo

3 thoughts on “Koleksi Tiket

  1. wisnu berkata:

    lama tidak mengikuti kisahmu sob…

    sesekali memang kita harus mengagendakan bepergian setidaknya kita bisa melepaskan dari rutinitas kepenatan sehari-hari selain itu bisa ketemu orang baru,tempat yang baru yang kadang bisa menginspirasi ide gagasan yang baru. Masih inget dulu waktu masih kuliah, aku juga sering mengambil sedikit kenangan dari bepergian itu wan.. entah tiket, barang kecil yang di beli di suatu tempat itu bahkan ketika naik gunung pun ambil batu kecil aja sekedar untuk mengingatkan suasana di tempat yang pernah kita singgahi.. “little things that remind”

Tinggalkan Balasan

