Menekan Ego

Saya pernah menulis tentang Ego pada terbitan beberapa waktu yang lalu. Ego berhubungan dengan diri. Ego yang besar adalah penonjolan diri sendiri yang tidak normal.

Tidak dipungkiri, manusia hidup karena ego, tapi juga dapat mati karena ego. Ada orang yang bersemangat dan ternyata semangatnya dibakar oleh ego. Agar menonjol di hadapan orang lain, agar terlihat pintar, agar orang lain paham secara cepat padahal orang tersebut ingin memahami sesuatu secara alami, dan agar-agar yang lain.

Apa sih tujuan hidup manusia? memuaskan ego belaka? mana arti kata ikhlas semata? Jadi, saat ini saya berkesimpulan, lebih baik kita menjadi orang biasa saja.

Menjadi orang yang berpikir sederhana, yang gembira saat pagi tiba, bahagia ketika bertemu wajah ceria para siswa tanpa ingin memaksa mereka, mengabdi pada warga sebisanya, mendalami ilmu apa adanya.

Bersemangat melakukan aktivitas maraton rutin menggila, pergi-pulang kampus tanpa tergesa, hidup tenang di desa, tak peduli dengan apa yang mereka bicarakan di linimasa, menikmati anggun senja, meresapi malam yang bercahaya.

Kita perlu mencoba untuk tidak melibatkan ego di setiap aktivitas kita. Kita hanya perlu melakukan kewajiban dan panggilan jiwa kita.

Iklan

One thought on “Menekan Ego

  1. sangprabo

    Ada kalanya juga, kita tumbuh di mana ego kita ditindih, tertekan oleh, dimakan habis sama, ego orang2 di sekeliling kita, ego keluarga, teman, atau ego dunia.

    Kadang ego kita kalah, sehingga ego yang baik dari diri sendiri seperti : menikmati indahnya azan subuh sambil mendengarkan kokok ayam kampung di desa dengan kualitas udara terbaik, bekerja tanpa harus sering2 melihat katalog produk konsumtif, memandang matahari terbenam sambil menulis di buku harian digital, dan benar-benar tidur tanpa AC, semua itu harus hilang… Ego kita kalah dengan ego dunia.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s