Hobi Membaca

Lucu juga ketika mendengar orang lain bercerita tentang diri kita saat kecil dulu. Bude mengatakan bahwa saya hobi membaca komik. Memang saya suka sekali membaca semua yang bisa dibaca, seperti koran, komik, buku, dan lain-lain. Bayangkan seorang stwn kecil melahap semua bacaan yang ada :D

Kebiasaan itu ada sampai sekarang. Buku dan bacaan menjadi teman yang baik, selain kopi dan komputer. Dan saya masih mengumpulkan buku-buku bagus dan membaca beragam informasi bermacam media, kecuali TV[1].

Walau sebenarnya saya berusaha untuk menjadi seseorang yang lebih minimalis, aktivitas ini agak susah dikendalikan. Saya hanya melakukan penyaringan saja.

Ilmu pengetahuan dan yang berhubungan dengannya seperti barang wajib. Saya kira demikian pula untuk semua manusia. Dengan ilmu kita memiliki cahaya yang menerangi jalan gelap kehidupan[2]. Ceilee.

Seperti perkataan Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘anhu yang terkenal, kurang lebih secara ringkas:

Pemilik harta akan menjaga hartanya. Sedangkan ilmu (agama), sang pemilik lah yang akan dijaganya.

Membaca berarti mendapatkan masukan dari dunia luar, yang kemudian akan diproses dan nantinya akan menghasilkan keluaran.

Dengan membaca hal-hal yang berkualitas dan berarti, kita akan memproses dan menghasilkan sesuatu yang berarti pula.

Artinya, mari menjadi “pecandu” ilmu yang bermanfaat sampai akhir hayat, supaya kita dapat sering menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

[1] selain karena tak punya TV, media ini redundant
[2] kalau ditanya lebih lanjut tentu ada prioritasnya ;-)

Tinggalkan Balasan

