Sebelas Tahun

Tak terasa sudah sebelas tahun saya mengenal GNU/Linux[1]. Kata BR, yang dikutip dan diadaptasikannya dari buku Malcolm Gladwell berjudul Outliers, bahwa seseorang yang telah mempelajari[2] sebuah topik dalam kurun waktu 10 tahun atau 10.000 jam akan ahli dalam topik tersebut.

Setelah saya pikir, kok saya belum menjadi ahli di GNU/Linux ya, bahkan saya semakin cupu di bidang ini. Pengalaman memang ada beberapa, tetapi saya tidak merasa “sudah di puncak” atau “mendekati puncak.”

Apa ini yang dimaksud dengan ungkapan

Semakin kita tahu, semakin kita tidak tahu.

Artinya, semakin kita mengenal sesuatu, kita akan terus tertarik ke dalam dan tersadar ternyata banyak hal yang belum dipelajari. Kita akan terus menggali dan menggali.

Seperti sekolah, yang sering dikatakan oleh teman saya ini dengan “candu.” Saya katakan jika demikian, berarti semua yang ada di dunia ini adalah “candu” karena membawa kita “terbang” untuk menggapai terus ketinggian. Sama halnya dengan mimpi.

Saya kira di sini kita butuh sebuah sikap yaitu merasa cukup alias qanaah. Termasuk di dalamnya adalah bijaksana dalam memilih apa yang terbaik untuk kehidupan sekarang dan yang akan datang.

[1] Pengalaman ini juga sempat disampaikan pada acara buka bersama komunitas GNU/Linux Purwokerto.
[2] Termasuk di dalamnya, praktik, tak hanya sekedar teori.

4 thoughts on “Sebelas Tahun

  1. sangprabo berkata:

    Mungkin 10 tahunnya terbagi menjadi mastering GNU/Linux, agama, kehidupan, dan musik (mungkin?), sehingga total-total harusnya 40 tahun (dikali empat saja) baru bisa mastering semuanya.. :D

    OOT: 10.000 jam bukannya cuma 1 tahun 2 bulan? *risih*

Tinggalkan Balasan

