Eksperimen Sosial

Mungkin karena terbiasa dalam lingkungan yang hampir semua dinilai secara empiris dan harus dapat dibuktikan, saya cenderung untuk selalu melakukan eksperimen, bahkan pada masalah-masalah sosial yang bersifat pribadi.

Memang pendekatan ini kurang tepat, tapi membuatnya menarik. Melakukan pendekatan dengan cara yang berbeda. Memahami sesuatu dengan cara yang tidak biasa.

Fenomena-fenomena sosial yang terjadi, alias data yang diterima oleh indera saya, dan juga keterhubungan dengan kejadian-kejadian sosial sebelumnya, juga beberapa asumsi-asumsi umum yang mungkin, selain itu adanya intuisi tentang kemungkinan petunjuk-petunjuk yang muncul dalam bentuk pola-pola tertentu, membuat saya menyimpulkan beberapa hipotesis kemudian saya buktikan dengan melakukan eksperimen sosial.

Saya sadar atau tak sadar melakukan semuanya, bahkan sampai melakukan perjalanan lintas kota dan lintas propinsi hanya untuk mendapatkan data-data secara langsung dan melakukan eksperimen sosial!

Sepertinya ini terprogram dalam bawah sadar saya, sudah tersimpan dalam firmware perangkat keras saya. Artinya, siapapun yang akan melakukan hubungan sosial melalui antarmuka yang tersedia di diri saya pribadi tentunya harus kompatibel.

Pasti ada di luar sana orang-orang yang kompatibel dengan saya, baik itu melalui proses penyesuaian standar dan spesifikasi, atau juga melalui kajian tentang interoperabilitas antar perangkat keras pribadi.

Akhirnya, saya hanya berdoa apa yang saya telah dan akan jalani dapat memberikan pengalaman berharga, dan menyadarkan saya bahwa saya hanya “sebuah komputer” yang menjalankan instruksi-Nya.

2 thoughts on “Eksperimen Sosial

  1. Ping balik: Hidup adalah Eksperimen « stwn.ngeblog.

Tinggalkan Balasan

