Thinkpad X60 Tablet

Sudah 2 tahun lebih saya memiliki PC Tablet Thinkpad X60 Tablet (X60T), walaupun sebenarnya saya tak pernah terpikir untuk mempunyainya. Alhamdulillah sampai sekarang masih jalan baik.

Saya tak sengaja membelinya tahun 2009, tepatnya akhir Januari 2009 jika tak salah ingat, seken[1] atau tangan kedua dari seseorang di Jakarta yang memiliki notebook-notebook premium macam Macbook Pro atau sejenisnya.

Saat itu saya membutuhkan notebook tanpa drive optik dengan ukuran layar 12″ bukan wide, untuk menggantikan Thinkpad R51e[2] yang saya pikir masih kurang tenaga dalam komputasi[3] dan kurang compact dalam mobilitas saya yang semakin tinggi *nggaya*

Bagi seorang pengguna Thinkpad sejati, mengganti notebook dengan merek dan jenis lain relatif susah, paling tidak bagi saya[4]. Anda dapat merasakan ketika telah mencobanya.

Paling tidak, saya dapat berbicara singkat tentang Thinkpad dengan 3 hal ini: “old school“, “tahan banting”[5], dan papan ketik yang nyaman.

Saat itu saya mencari dan mencari notebook baru maupun lama dari merek dan jenis ini. Tak ditemukan, karena 2 hal utama yakni belum ketemu yang sreg dan masalah dana :D

Karena sebelumnya saya pernah berinteraksi dengan kaskus, saat menjual PSP dan lain-lain, saya banyak melakukan pencarian di sana hampir setiap hari, jika ada waktu luang. Selain itu juga saya memonitor kaskus versi comlabs.

Suatu saat ada orang yang mencari notebook seken berlayar 12″ di sebuah ulir kaskus. Banyak orang menawarkan barang dagangan beserta spesifikasi dan gambar-gambarnya kepada si pencari.

Saya mengikuti ulir dengan membaca diskusi yang dilakukan dan tertarik dengan salah satu komentar agan yang menawarkan Thinkpad X60T. Saya lihat spesifikasinya cocok dengan yang saya cari dan kondisinya dikatakan bagus oleh penjual. Saat itu saya tak terlalu peduli dengan kata “Tablet.”

Singkat cerita, saya bertukar pesan privat dengan si agan selama sekian minggu sembari melakukan “penyelidikan” terhadap profil dan sejarah aktivitasnya. Kita tahu banyak kasus penipuan di kaskus.

Akhirnya, kami setuju dengan harga, yang menurut saya cukup murah dibandingkan dengan notebook seken sejenis tanpa embel-embel “Tablet.” Lebih murah, tapi punya fitur lebih dan kondisi yang bagus[6].

Saya melakukan transfer 500 ribu sebagai tanda jadi, dan notebook saya jemput ke Jakarta. Jika kondisi tidak sesuai, penjual berjanji akan mengembalikannya.

Ditemani seorang kawan, untuk jaga-jaga, saya berangkat melakukan transaksi di ibukota. Kami bertemu di KFC di mal bilangan Thamrin. Ngobrol-ngobrol, sambil melihat kondisi notebook, memeriksa checklist yang saya buat sebelumnya. Selesai. Saya puas. Notebook berpindah tangan dengan diakhiri prosesi transfer via ATM dan salaman.

Sampai sekarang, saya masih bersyukur si X60T ini masih jalan bagus dan mendukung aktivitas saya saat mengajar dengan menggunakan stylus ataupun sentuhan jari. Tentu dengan distribusi Kuliax 7.0.

Moral cerita ini adalah love will find you if you try kata sebuah reality show jadul, atau berusahalah keras dan tekun sampai mengapai cita-citamu. *nyambung nggak sih*

Untuk pengguna GNU/Linux, sila baca dokumentasi Debian GNU/Linux di Thinkpad X60T.


[1] FYI, baru kali itu saya membeli barang seken :d
[2] Notebook ini sama dengan yang dimiliki Zaki kala itu, kini sudah terjual via kaskus
[3] Saat itu saya sedang mengerjakan tesis dengan topik komputasi cluster
[4] Perlu ada studi untuk mengetahui apakah pengguna Thinkpad sejati adalah tipe manusia setia
[5] Relatif kuat dan dapat diandalkan dalam segala kondisi
[6] Pemiliknya punya banyak notebook, profilnya baik, jadi hipotesis saya kondisinya bagus

7 thoughts on “Thinkpad X60 Tablet

Tinggalkan Balasan

