Mesin Pencari dan Privasi

Saya sedang berusaha untuk melakukan desentralisasi dan mendapatkan kembali kendali terhadap informasi, khususnya yang berhubungan dengan privasi. Mungkin sebagian orang menyebut saya agak paranoid.

Memang benar saya bukan orang penting. Saya hanya seorang manusia biasa yang ingin mendapatkan hak atas kemerdekaan informasi. Persis alasannya seperti penggunaan perangkat lunak merdeka.

Terus terang saya sendiri tidak dapat menghindari semua hal yang mengikat, tetapi paling tidak saya berusaha menguranginya. Semoga diberi kekuatan.

Selama kurang lebih 2 bulan ini, saya telah menggunakan ixquick sebagai mesin pencari default, yang klaimnya adalah “mesin pencari paling privat(?) sedunia.” Saat ini saya (masih) percaya bahwa ixquick tidak merekam alamat IP, apa yang saya cari, dst.

FYI, Ixquick adalah sebuah metasearch engine, mesin pencari yang akan meneruskan permintaan pencarian pengguna ke beberapa mesin pencari dan basis data lain, kemudian menggabungkan dan menampilkannya.

Bar pencarian di peramban saya juga sudah diset ke ixquick (HTTPS) dan saya selalu menggunakannya. Tetapi, jika ada hal-hal yang perlu dicari dengan “lebih cerdas,” saya menggunakan Google. Itu pilihan terakhir dan sangat jarang terjadi :D

Kita bicara tentang pribadi, jadi tak mungkin pribadi itu terpusat. Karena kita punya karakter masing-masing.

Pemutakhiran 20110811: saya mencoba DuckDuckGo sebagai alternatif ixquick, dan membuatnya sebagai pencari default di bar pencarian Iceweasel. Kesan pertama, DuckDuckGo lebih segar tampilannya.

4 thoughts on “Mesin Pencari dan Privasi

  1. za

    maksud kamu, ini mesin pencari yang tak merekam apa yang kita lakukan, begitu Wan? Awalnya saya kira mesin pencari hal-hal privat.

    Balas

Tinggalkan Balasan

