Kuliax: LiveCD & RepoCD

Saat masuk ke panel, saya sempat melihat kata kunci yang dicari orang melalui mesin pencari sehingga sampai ke blog ini. Ternyata ada yang mencari perbedaan antara Kuliax LiveCD dan RepoCD, jadi saya tuliskan secara ringkas saja untuk membantunya. Semoga.

LiveCD adalah sistem Kuliax itu sendiri yang dapat “dijalankan” dari CD tanpa mengubah konfigurasi perangkat lunak di komputer kita. Jika kita ingin memasangnya ke dalam harddrive, disertakan pula pemasang atau installer pada LiveCD ini. Perangkat lunak atau program yang disertakan dalam LiveCD sudah cukup lengkap untuk penggunaan desktop dan hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan akademis karena pengembang sudah mempertimbangkan kumpulan aplikasi yang disertakan di dalamnya.

RepoCD adalah CD yang berisi program-program tambahan dalam bentuk paket untuk Kuliax. Umumnya diperlukan ketika kita sudah memasang sistem Kuliax di harddrive, dan tidak menemukan program yang diinginkan. Paket-paket program yang ada di RepoCD adalah hasil pemaketan pengembang Kuliax dan juga kumpulan paket dari Debian GNU/Linux sebagai induk distribusi Kuliax. Beberapa paket dari proyek lain juga disertakan dalam RepoCD.

Jadi untuk dapat menjalankan Kuliax, kita menggunakan LiveCD. Jika membutuhkan paket tertentu yang belum ada pada LiveCD, ambil dari RepoCD. Jika seandainya pada RepoCD tidak tersedia, ambil dari repo Debian terdekat.

Sekian. Jika ada kekurangan atau tanggapan sila berkomentar pada terbitan ini.

Iklan

3 thoughts on “Kuliax: LiveCD & RepoCD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s